May 9, 2016

Fortuner dan Innova, Senjata Ekspor Pabrik Toyota di Karawang

Penulis: Eko Lannueardy
Fortuner dan Innova, Senjata Ekspor Pabrik Toyota di Karawang  

MOBITEKNO – Hingga Maret 2016, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tercatat telah mengekspor 16.700 unit mobil secara utuh (completely built up/CBU). Sebesar 46 persen dari nilai ekspor tersebut adalah mobil keluaran SUV Fortuner dan MVP Innova generasi terbaru.

Tercatat, ekspor Fortuner mencapai angka 5.700 unit dan Innova sebanyak 1.900 unit. Kedua mobil buatan pabrik Toyota di Karawang tersebut diekspor ke kawasan Asia Pasifik, Amerika Latin, Karibia dan Timur Tengah.

Hampir separuh dari total ekspor disumbangkan oleh model International innovative Multi-purpose Vehicle (IMV). Hal ini juga menunjukan bahwa kendaraan tersebut merupakan model global yang juga disukai di banyak negara.

Kami sangat bangga bahwa Kijang Innova dan New Fortuner yang diproduksi di Karawang bisa dinikmati bukan hanya oleh konsumen dalam negeri tetapi juga konsumen di pasar global,” ucap I Made Dana Tangkas, Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Selain Fortuner dan Innova, sebesar 54 persen ekspor CBU TMMIN pada Maret lalu juga merupakan model lain, yaitu Vios, Yaris, Avanza, Agya dan Town/Lite Ace.

Tidak hanya cuma CBU, pada bulan Maret tahun ini TMMIN juga mengirimkan kendaraan completely knock down (CKD) sebanyak 3.400 unit, mesin utuh tipe TR sejumlah 4.200 unit, dan 6,4 juta unit komponen kendaraan.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS