February 9, 2016

Optimalkan 4G LTE, XL Sukses Gelar Ujicoba Layanan VoLTE di Surabaya dan Denpasar

Penulis: Eko Lannueardy
Optimalkan 4G LTE, XL Sukses Gelar Ujicoba Layanan VoLTE di Surabaya dan Denpasar  

MOBITEKNO – Ekosistem 4G LTE dari PT XL Axiata, Tbk (XL) semakin lengkap dengan kesiapan layanan VoLTE (Voice Over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite). XL menggelar ujicoba kedua layanan komunikasi tersebut di Surabaya dan Denpasar. Ini sekaligus merupakan ujicoba yang pertama kali di Indonesia dilakukan diluar ruangan dan secara live, bukan hanya dalam laboratorium.

Ditegaskan oleh Chief Brand & Customer Experience XL, Nicanor V. Santiago III bahwa ujicoba ini didasari pertimbangan untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan. VoLTE sendiri merupakan layanan inovatif untuk voice sebagai hasil dari pengembangan 4G LTE.

"XL benar-benar telah menyiapkannya secara seksama melalui ujicoba yang terus menerus untuk memastikan kualitasnya. Hasilnya sangat baik, dan akan terus dikembangkan untuk penambahan fitur-fitur lainnya. Jadi pada dasarnya jika sewaktu-waktu akan diluncurkan, XL sudah siap. Kami juga mengupayakan kesiapan dari sisi handset di market yang memiliki fitur untuk menggunakan VoLTE," ujar Nicanor.

VoLTE merupakan layanan komunikasi percakapan (telepon) melalui jaringan data LTE. Sedangkan RCS merupakan layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap di atas sambungan internet. Ujicoba dilakukan secara bersamaan dengan melakukan sambungan percakapan antar dua lokasi, yakni Surabaya dan Denpasar.

Dibandingkan dengan UMTS/GSM, VoLTE memungkinan operator untuk lebih efisien dalam menggunakan alokasi pita frekuensi yang dimiliki. Dengan demikian, operator bisa melayani lebih banyak pelanggan hingga 2 kali untuk voice call/MHz dibandingkan CS call. Dengan menggunakan VoLTE, pelanggan yang melakukan/menerima layanan telpon juga akan tetap di jaringan LTE, tanpa perlu melakukan “fall back”.

Apabila saat pelanggan melakukan panggilan di jaringan LTE (VoLTE) dan kemudian moving/pindah ke area yang belum mendapatkan jaringan LTE, VoLTE juga memungkinkan pelanggan untuk berpindah dari LTE ke non-LTE atau pun sebaliknya, tanpa terputus. Teknologi VoLTE ini sangat dibutuhkan ke depannya, terutama jika jaringan LTE sudah semakin meluas dan merata.

Bersamaan dengan dengan ujicoba VoLTE, XL juga telah mengembangkan aplikasi RCS (Rich Communication Suite) sejak tahun lalu. Aplikasi RCS merupakan layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap, yang beroperasi pada sambungan internet, tanpa tergantung apakah sambungan internet tersebut menggunakan LTE, UMTS, GSM, ataupun WiFi.

Serupa namun tak sama dengan VoLTE, RCS merupakan layanan komunikasi berbasis internet yang memadukan ragam fitur, antara lain seperti messaging, chating, voice call, dan video call dalam satu aplikasi yang mudah digunakan. Dengan hadirnya kedua teknologi ini, XL berharap dapat terus memberikan layanan panggilan voice dan video yang lebih optimal kepada pelanggan, terutama dalam pemanfaatan jaringan LTE.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS