December 8, 2016

YouTube Rewind 2016: Konten Anak Bangsa Semakin "Berbicara" di YouTube

Penulis: Eko Lannueardy
YouTube Rewind 2016: Konten Anak Bangsa Semakin "Berbicara" di YouTube  

MOBITEKNO – YouTube hari ini, Kamis (8/12) merilis daftar YouTube Rewind, yakni video-video terpopuler sepanjang tahun 2016 yang dipilih berdasarkan durasi menonton, jumlah share, comment, likes dan sebagainya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, daftar YouTube Rewind dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu 10 Video Terpopuler (tanpa video musik dari label besar) dan 10 Video Musik Terpopuler.

Bagaimana dengan video-video terpopuler di Indonesia? Cukup menarik, seluruh video terpopuler di Indonesia adalah karya asli anak bangsa, dengan 7 dari 10 video berasal dari kreator lokal YouTube seperti Chandra Liow, Eka Gustiwana dan sebagainya.

Tak kalah menarik, 10 video terpopuler di Indonesia hingga saat ini memiliki total kurang lebih 43 juta views, meningkat dua kali lipat dari 10 video terpopuler tahun lalu dengan 21 juta total views.

Sementara di kategori musik, daftar tahun ini menunjukkan bahwa musik Indonesia masih terus digandrungi di kanal YouTube, seperti Anji “Dia”, “Pamit” dari Tulus dan HIV! lewat lagunya yang berjudul “Pelangi”. 

Ditegaskan oleh Putri Silalahi, Communications Head Google Indonesia bahwa daftar tahun ini menunjukkan YouTube telah berkembang pesat, baik untuk para kreator maupun audiens di Indonesia.

"Melihat bagaimana konten lokal semakin dicari dan digemari, kami tak sabar melihat lebih banyak lagi kreativitas dan talenta yang bermunculan di tahun depan," ungkap Putri lewat rilis yang masuk ke redaksi Mobitekno.com.

Tertarik untuk menikmati semua video yang masuk ke daftar YouTube Rewind 2016? Anda bisa langsung melihat semua kreasi yang ada dengan mengunjungi situs www.youtube.com/rewind

 

Tags: , , , ,


COMMENTS