December 8, 2016

Rilis EOS M5 di Indonesia, Canon Akhirnya Punya Kamera Mirrorless yang Sangat Mumpuni

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Rilis EOS M5 di Indonesia, Canon Akhirnya Punya Kamera Mirrorless yang Sangat Mumpuni  

MOBITEKNO – Canon melalui PT. Datascrip sebagai authorized distributord tunggalnya di Indonesia akhirnya resmi merilis kamera mirrorless terbaru Canon EOS M5 pada acara spesial di pulau kecil nan indah Gili Trawangan, Lombok (1/12/2016).

Seperti kamera SLR atau Digital SLR (DSLR) EOS, Canon secara konsistensi kembali melakukan pemberian nomenklatur model kamera pada kamera mrirroless-nya. Dimana EOS M5 merupakan kamera mirorless yang mengusung spesifikasi lebih tinggi dari kamera mirorless Canon terdahulu, yaitu EOS M3 dan EOS M10.

Konsumen yang disasar EOS M5 pun sedikit berbeda, yaitu para fotografer berpengalaman dan fotografer enthusiast lain, termasuk pengguna yang selama ini menggunakan kamera DSLR.

Keseriusan Canon menggaet pengguna kamera DSLR meski harus ‘memakan’ pasar produk kamera SLR-nya sendirinya memang harus dilakukan Canon mengingat dinamika atau tren perubahan di pasar yang begitu cepat. 

""

""

Sintra Wong, Manager Canon Image Communication Division PT Datascrip, di depan para media menyatakan bahwa jika ingin dibandingkan dengan ‘saudara tuanya’ DSLR EOS, EOS M5 mengusung spesifikasi yang setara dengan kamera DSLR Canon EOS 80D.

Kaya mengusung fitur yang cukup komplit, diantaranya, seperti dual command dial, electronic viewfinder (EVF), dan layar sentuh (bisa diputar hingga 180 derajat). Selain itu, Canon EOS M5 juga didukung teknologi baru, seperti prosesor image DIGIC 7, resolusi image 24 MP, dan dukungan Dual Pixel CMOS AF.

Menurut Sintra, kehadiran fiur Dual Pixel CMOS AF ini sangat berguna bagi para fotografer yang ingin mengambil fokus secara cepat tapi tetap dengan akurasi tinggi, baik saat memotret atau merekam video.

"EOS M5 juga mengusung fitur Touch and Drag AF agar pengguna bisa mengatur fokus kamera dengan melalui sentuhan (gesture) di layar LCD-nya," ujar Sintra.

""

""

Spesifikasi lainnya, EOS M5 menghadirkan burst rate 7 FPS dengan focus tracking, editing foto format RAW di kamera, perekaman video Full-HD 60p format MP4 (belum mendukung resolusi 4K), image stabilization 5 axis, dan koneksi berbagai perangkat atau gadget (Android, iOS) melalui koneksi nirkabel Wi-Fi Direct dan NFC.

Canon akan menawarkan kamera mirrorless EOS M5 di pasar Indonesia seharga Rp 14,2 juta (body only). Pembeli harus menyiapkan dana tambahan untuk mendapatkan paket EOS M5 dengan lensa kit, berturut-turut Rp 15,7 juta dengan lensa kit EF-M 45-45 mm F3.5-6.3 dan Rp 19,9 juta dengan lens kit EF-M 18-150 mm F3.5-6.3.

Kamrea Canon EOS M5 sudah mulai tersedia pada bulan Desember ini dalam beberapa pekan depan mendatang melalui pemesanan awal (pre-order). Adapun ketersediaannya di toko retail baru dimuali pada akhir Desember 2016. Adapun ketersediannya dalam jumlah banyak di pasar Indonesia baru terjadi pada awal 2017 nanti.
 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS