November 8, 2016

BBM Versi Terbaru Sudah Hadir, Banyak Pembenahan yang Dilakukan

Penulis: Eko Lannueardy
BBM Versi Terbaru Sudah Hadir, Banyak Pembenahan yang Dilakukan  

MOBITEKNO – BlackBerry Messenger (BBM) kini hadir dalam versi terbaru dengan menawarkan lebih banyak pilihan dan layanan berbagi untuk para penggunanya. Lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com, pihak pengembang menegaskan bahwa hadirnya versi terbaru ini menjadikan BBM sebagai platfor pesan instan yang lebih bernilai dari versi sebelumnya.

Lalu, fitur-fitur teranyar apa saja yang disematkan ke dalam BBM versi terbaru? Pertama adalah kemudahan berbagi foto ke Feeds dan berbagi video di Feeds via BBM Channel. Bagi Anda pengguna BBM di Tanah Air kini bisa menikmati BBM Game Center terbaru, BBM Pulsa/PLN dan BBM Voucher yang dapat diakses lewat menu Discover.

"Versi terbaru BBM memungkinkan pengguna berbagi foto ke BBM Feeds. Pada versi sebelumnya, pengguna hanya dapat meng-update atau memposting informasi berupa teks. Versi baru ini juga memungkinkan pengguna membuat foto berkualitas tinggi dan membaginya secara langsung ke seluruh kontak pengguna tanpa harus memperbarui gambar avatar untuk menampilkan foto," ujar Matthew Talbot, CEO BBM.

Selain dapat mengunggah foto, pengguna juga dapat menonton beragam video yang di-post pada BBM Feeds. Hanya pengguna yang telah memiliki BBM Channel dapat memposting video, namun video tersebut dapat disaksikan oleh semua pengguna BBM. Pengguna dapat memutar video dan menontonnya di layar penuh atau di dalam BBM Feeds.

BBM bekerjasama dengan pengembang Game Korea NEOWIZ Game Corp. untuk menghadirkan BBM Game Center bagi 60 juta pengguna aktif BBM di Indonesia. Terhitung mulai 1 November 2016, pengguna telah dapat mengakses BBM Game Center dengan permainan baru Fruit Mania: Elly’s travel with BBM.

Menurut Matthew Talbot, BBM akan merilis lebih banyak game gratis dari November hingga Desember mendatang. "Pastikan Anda telah mencoba permainan Fruit Mania di BBM Anda pada 1 November, dan nantikan game menarik lain yang akan hadir dalam beberapa minggu ke depan."

Tak kalah menarik, fitur BBM Pulsa/PLN yang sudah tersedia di dalam aplikasi BBM sejak awal Oktober bagi penggunanya di Indonesia. Lewat fitur ini, pengguna kini dapat lebih mudah untuk membeli pulsa, membayar tagihan listrik, BPJS dan beberapa pembayaran tagihan lainnya.

Fitur lainnya adalah BBM Voucher yang merupakan layanan voucher terbaru dari BBM. Fitur ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 20 Oktober lalu untuk pengguna BBM di Indonesia. Pengguna cukup mengunjungi menu Discover dan dapat dengan mudah melakukan pembelian dan penukaran dari berbagai pilihan restoran, tempat hiburan, serta barang-barang kebutuhan pokok melalui BBM. 

Tak hanya menanam beragam fitur baru, BBM juga melakukan beberapa peningkatan pada antarmukanya. Salah satu peningkatan yang dilakukan adalah kini Kontak ditampilkan dalam bentuk daftar yang disusun secara default, bukan grid. Selain itu, Pindai Barcode sudah ada pada pilihan menu dan memungkinkan pengguna untuk memindai Barcode dan QR Code.

Pengembangan lainnya adalah standar 25-detik untuk waktu pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna memiliki cukup waktu untuk mengirim pesan berikutnya, dan penerima juga memiliki cukup waktu dalam membaca dengan seksama pesan yang masuk. Percakapan dengan beberapa orang dan grup kini juga mewajibkan pencantuman nama yang bertujuan agar pesan terkirim kepada orang yang tepat. 

"Semua fitur baru ini hadir secara beruntun, mulai dari konten berita dan video, pengisian pulsa, dan pembayaran lainnya. Semuanya melengkapi berbagai fitur yang telah ada, sistem langganan yang telah dikembangkan, serta peningkatan yang telah kami lakukan selama beberapa tahun terakhir dalam upaya membuat BBM menjadi aplikasi pesan nomor satu," pungkas Matthew Talbot.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS