October 8, 2016

Review Smartfren Andromax A: Konektivitas Mumpuni, Harga Bersahabat

Penulis: Maulana
Review Smartfren Andromax A: Konektivitas Mumpuni, Harga Bersahabat  

MOBITEKNO – Dalam lini produk Smartfren Andromax, seri A merupakan anggota keluarga yang paling ‘bungsu’ di antara seri E dan R. Ini terlihat dari spesifikasi hardware yang digunakannya yang tergolong pas-pasan untuk sebuah ponsel Android masa kini.

Datang dengan harga yang murah bukan berarti tidak mengedepankan fitur-fitur terkini. Meski tidak mengadopsi chipset kelas menengah, berkat hadirnya Snapdragon 210, Andromax A sudah mendukung konektivitas 4G besutan Smartfren yang beroperasi pada frekuensi 850 MHz (FDD LTE) dan 2.300 MHz (TDD LTE).

Tak hanya sekadar bisa internetan di jaringan 4G, Andromax A juga sudah mendukung fitur Voice over LTE (VoLTE) secara native. Itu artinya, pengguna bisa langsung melakukan panggilan telepon (voice) maupun video call tanpa harus memasang aplikasi tambahan lagi. Fitur apa lagi yang dimiliki smartphone ini? Berikut ulasannya.

Kelengkapan

Tak jauh berbeda dengan jajaran produk Andromax lainnya, smartphone ini datang dengan kardus dengan nuansa warna merah yang kental. Salah satu hal yang cukup menarik adalah ketika pertama kali dibuka, antigores dan sim card sudah terpasang dengan baik pada unit ponsel. Ini artinya, pengguna tak perlu lagi repot-repot membeli antigores tambahan untuk melindungi layarnya. Berikut paket penjualan Smartfren Andromax A.

  1. Unit Smartfren Andromax A.
  2. Baterai Lithium-Ion 1.950 mAh.
  3. Kabel data Micro USB.
  4. Charger.
  5. Headset.
  6. Starter Pack Smartfren.
  7. Manual.
  8. Buku garansi.

Desain

Walaupun diposisikan sebagai ponsel Android termurah di kelasnya, bukan berarti Smartfren asal-asalan dalam merancang Andromax A. Untuk ponsel Android kelas ekonomis, smartphone besutan Haier ini datang dengan finishing bodi yang cukup baik dan kokoh.

Agar tidak licin saat digenggam, Smartfren memoles back cover berbahan plastik dengan cat doff. Di baliknya, terdapat dua buah slot micro SIM Card dan microSD yang bisa dimanfaatkan untuk menambah kapasitas media penyimpanan.

Berkat dimensi bodi yang mungil, tombol power, volume up, dan volume down yang berada di sisi kanan pun sangat mudah dijangkau. Sementara port microUSB diletakkan di sisi kiri atas dan jack audio 3,5 inci berada di sisi atas.

Layaknya smartphone Android pada umumnya, sisi depan Andromax A dilengkapi dengan tiga buah tombol kapasitif, yakni Back, Home, dan Menu. Sedangkan bagian atasnya ada speaker dan kamera depan 5 MP.

Mengusung layar 4,5 inci membuat bodi Andromax A sangat nyaman untuk digenggam dan bisa dioperasikan dengan menggunakan satu tangan. Sayangnya, layar tersebut memiliki resolusi yang rendah, yakni 480 x 854 (FWVGA) sehingga kerapatan piksel yang bisa ditampilkannya pun terbilang rendah 159 ppi. Alhasil, gambar yang ditampikannya pun tak terlalu tajam.

Fitur & Performa

Seperti lini produk Andromax lainnya, smartphone ini juga disertai dengan aplikasi My Smartfren dari pabrikannya. Dengan begitu, pengguna bisa mengecek pulsa, mengisi pulsa, dan mengetahui berbagai program promo terbaru dengan mudah.

Sekilas, aplikasi kamera bawaannya nampak biasa-biasa saja. Namun ketika membuka menu konfigurasinya, ternyata cukup banyak kostumisasi yang bisa dilakukan. Fitur HDR pun tak luput hadir pada aplikasi kamera tersebut.

Ada 11 preset yang siap digunakan saat menggunakan aplikasi kamera, di antaranya adalah Auto, Portrait, Landscape, Sports, Flower, Backlight, Candlelight, Sunset, Night, Beach, dan Snow. Meski tidak menyertakan mode Manual, pengguna masih diizinkan untuk mengutak-atik beberapa konfigurasi yang bisa memaksimalkan kualitas jepretan, seperti Exposure, ISO, White Balance, Saturation, Contrast, dan Sharpness.

 

Performa

Mengadopsi chipset Snapdragon 210 membuat kinerja smartphone dengan kode nama Andromax A16C3H ini tergolong biasa-biasa saja. Meski begitu, Smartfren berhasil membuat transisi antar menunya terasa mulus dan responsif. Ini dikarenakan hadirnya prosesor quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1,1 GHz dan GPU Adreno 304 di dalam chipset Snapdragon 210. Performanya juga ditunjang dengan adanya RAM 1 GB dan penggunaan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1.

Ketika Mobitekno menjajal kemampuan multitaskingnya, beberapa aplikasi ringan masih bisa berjalan lancar secara bersamaan, seperti saat menjalankan WhatsApp, Facebook, dan Twitter. Namun ketika menjalankan Google Chrome atau YouTube dan belum menutup aplikasi lainnya, kinerjanya terasa sedikit menurun. Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu versi 6, Geekbench 3 dan GFXBench.

Antutu

 

GeekBench

 

gfxbench

 

Hasil Foto:

Spesifikasi

Di harga Rp649 ribu, Smartfren Andromax A datang dengan spesifikasi hardware yang sudah cukup baik untuk membuka berbagai aplikasi ringan. Berikut spesifikasi Smartfren Andromax A:

Layar 4,5 inci 480 x 854 piksel
Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop
Prosesor Qualcomm Snapdragon 210 1,1 GHz 32 bit Quad-core Cortex-A7
GPU Adreno 304
Kamera 5 MP (belakang); 5 MP (depan) wide view
RAM 1 GB
Storage 8 GB internal, MicroSD
Jaringan GSM/4G LTE Cat 4
Kartu SIM Dual Micro SIM Card
Komunikasi dan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth® v 4.0 with A2DP, Wi-Fi Direct, radio FM
Audio MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, MIDI, WAV, AC3, FLAC
Video DivX, H.264, MPEG4, H.263, Xvid, 3gp
Sensor Accelerator/Proximity/Ambient Light Sensor
Baterai 1.950 mAh Lihitum-ion

 

Kesimpulan

Spesifikasi hardware yang rendah tak membuat Smartfren Andromax A lantas tak nyaman untuk digunakan. Dengan RAM 1 GB, smartphone ini masih bisa lancar untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan dan beberapa kebutuhan multimedia di atas sistem operasi Android Lollipop 5.1.1.

Di sisi lain, Smartfren juga mampu mengoptimalkan modem yang ada di dalam chipset Snapdragon 210. Pasalnya, tak cuma konektivitas 4G LTE untuk internetan, fitur VoLTE juga ikut diaktifkan sehingga pengguna juga bisa melakukan panggilan suara dari jaringan 4G.

Dengan harga Rp649 ribu, Andromax A bisa dijadikan alternatif pilihan untuk pengguna yang memiliki budget sangat terbatas serta tidak begitu mementingkan fitur canggih namun ingin tetap menikmati berbagai fitur multimedia dan internet cepat di jaringan 4G.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES