October 8, 2016

1 Desember 2016, Google Duo Gantikan Hangouts

Penulis: Desmal Andi
1 Desember 2016, Google Duo Gantikan Hangouts  

MOBITEKNO – Kehadiran Google Allo dan Duo belum lama ini membuat komunikasi dalam perangkat Android menjadi banyak pilihan. Namun, kemunculan dua aplikasi Google ini membuat banyak pertanyaan bagi pengguna Android mengenai status Google Hangouts. Kini jawaban itu muncul. Setelah sekian lama Google Hangouts menjadi aplikasi bawaan (preInstalled) sistem Android, mulai 1 Desember kedudukannya akan tergantikan oleh Google Duo. Informasi ini datang dari salah salah satu partner Google, seperti yang ditulis UberGizmo.

Menurut email tersebut, Google Duo akan menggantikan Hangouts sesuai sebagai aplikasi bawaan. Hangouts tidak akan mati, tetapi akan menjadi aplikasi optional untuk produk-produk smartphone, dan perubahan ini akan  berlaku mulai 1 Desember 2016.

Selama ini Google selalu membuka diri untuk membundel aplikasi-aplikasi dari OEM jika mereka ingin menggunakan Android pada smartphone buatannya. Dengan adanya keputusan ini, bukan berarti Hangouts menjadi benar-benar mati. OEM masih bisa memasukkannya jika mereka menginginkannya. Ke depannya tampaknya Google akan membuat Hangouts lebih berfokus untuk para pengguna bisnis.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS