September 8, 2016

iPhone 7 Resmi Diperkenalkan, Kedap Air dan Absennya Port Audio

Penulis: Eko Lannueardy
iPhone 7 Resmi Diperkenalkan, Kedap Air dan Absennya Port Audio  

MOBITEKNO – Setelah menjadi rumor yang ramai di dunia maya, Apple akhirnya resmi menghadirkan iPhone terbarunya, iPhone 7. Daya tarik tarik smartphone terbaru besutan Apple ini adalah disematkannya teknologi kedap air.

Gebrakan Apple lainnya yang membuat banyak pengguna iPhone cukup terkejut adalah absennya port audio 3,5 mm. Untuk itu, Apple menggantinya dengan port Lightning yang kini menjadi port multifungsi.

Perubahan lainnya adalah hilangnya tombol fisik Home. Untuk hal ini, produsen teknologi asal Amerika Serikat tersebut menggantikannya dengan trackpad Force Touch seperti yang ada di MacBook terbaru.

Untuk kebutuhan fotografi, Apple membekali iPhone 7 dengan sensor kamera 12 MP yang kini dilengkapi dengan teknologi OIS serta lensa f/1.8. Sekalipun sama-sama 12 MP seperti iPhone 6s, kamera di iPhone 7 diklaim 60% lebih cepat.

Guna menghadirkan pencahayaan yang optimal ketika memotret di ruang gelap, Apple telah membekali iPhone 7 dengan chip prosesor foto terbaru serta empat LED flash.

Untuk kebutuhan foto selfie, iPhone 7 dilengkapi dengan kamera depan 7 MP yang dipadukan dengan teknologi Automatic Image Stabilization. Berkat teknologi tersebut, foto selfie bisa lebih stabil alias bebas goncangan.

Terkait dengan resolusi layar yang dihadirkan, smartphone terbaru racikan Apple ini memiliki resolusi HD 1280 x 720 dengan tingkat pencahayaan 25% lebih terang serta tampilan warna yang lebih lengkap.

Hilangnya port audio 3,5 mm, area tersebut dioptimalkan oleh Apple dengan menempatkan lubang speaker guna menghadirkan suara stereo. Apple juga telah mengembangkan sebuah EarPod baru dengan konektor Lightning.

Apple juga menyediakan aksesori AirPods, yaitu sepasang earphone yang bisa terhubung dengan iPhone tanpa bantuan kabel. Apple memanfaatkan teknologi nirkabel baru untuk menangani proses transfer data audio dari iPhone ataupun Apple Watch.

Apple menjadwalkan iPhone 7 mulai akan ada dipasaran pada tanggal 16 September 2016. Namun, pre-order sudah dibuka sejak tanggal 9 September 2016 waktu Amerika Serikat.

Ada tiga model iPhone 7 yang ditawarkan oleh Apple. Yang membedakan ketiganya hanya kapasitas penyimpanan, yakni iPhone 7 32GB, iPhone 7 128GB dan iPhone 7 256GB. Masing-masing dipasarkan dengan harga US$ 649, US$ 749 dan US$ 849.

Varian warna iPhone 7 yang dihadirkan juga beragam, yakni Jet Black, Black, Gold, Silver dan Rose Gold. Pihak Apple menegaskan, untuk warna Jet Black yang terlihat lebih elegan dibandingkan Black hanya ada untuk model iPhone 7 128GB dan 256GB.

 

Tags: , , ,


COMMENTS