August 8, 2016

Gandeng UKM, Lazada Indonesia Gelar Kampanye "Buatan Indonesia"

Penulis: Eko Lannueardy
Gandeng UKM, Lazada Indonesia Gelar Kampanye "Buatan Indonesia"  

MOBITEKNO – Mewujudkan dukungannya terhadap usaha kecil dan menengah di Indonesia, Lazada Indonesia menggelar kampanye bertajuk "Buatan Indonesia: Dari Indonesia untuk Dunia. Kegiatan ini sengaja digelar dengan menampilkan produk-produk lokal yang berkualitas untuk menjawab permintaan konsumen pasar online yang terus tumbuh.

Berlangsung mulai tanggal 12 hingga 17 Agustus 2016, Lazada Indonesia akan mempromosikan 12 penjual online yang memasarkan berbagai produk, mulai dari pakaian, tas, sepatu hingga kopi. Kegiatan ini sekaligus mengawali proyek pertama untuk menjual barang hasil produksi dari Indonesia ke luar negeri melalui Lazada Malaysia.

Ditegaskan oleh Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia bahwa gelaran ini sebagai komitmen Lazada untuk dapat mengembangkan UKM di Tanah Air, yaitu dengan memberikan akses yang seluas-luasnya guna memasarkan seluruh produk yang dikembangkan lewat platform yang dimiliki Lazada Indonesia.

"Inisiatif kegiatan Buatan Indonesia dilakukan dengan tujuan untuk mempromosikan usaha kecil dan menengah dari platform marketplace Lazada Indonesia yang sukses dengan memproduksi sendiri barang yang mereka jual belikan. Harapannya, ini berdampak positif bagi ekonomi Indonesia dan meningkatkan kualitas industri e-commerce di Tanah Air," ujar Florian.

Hal senada juga ditegaskan oleh Ihsan, pemilik brand Indo Camera Bag yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ia menegaskan bahwa berjualan online lewat Lazada Indonesia memberi dampak positif bagi dirinya dan memudahkan untuk memasarkan produk yang dikembangkannya.

"Melalui Seller Center Lazada, saya dapat dengan mudah melakukan pengelolaan stok dan order dari konsumen. Tak terkecuali saat saya menerima order dalam jumlah luar biasa banyak. Saat ini, kami terpilih dan dipercaya menjadi salah satu seller untuk menjual produk melalui Lazada Malaysia," ujar Ihsan.

Pengusaha lainnya yang juga ikut meramaikan kegiatan ini adalah Wiro Deddy, pemilik Eksis Collection. Ia mengakui bahwa dengan memanfaatkan platform jual beli online Lazada, pengusaha pakaian asal Bandung tersebut dapat merevitalisasi penjualan merek dagang lokal, 2ND Red menjadi lebih sukses.

"Awalnya kami mencoba berjualan di bazaar, namun seringkali biaya yang dikeluarkan lebih besar dari penjualan. Tak hanya itu, jangkauan konsumen juga terbatas. Akhirnya, kami memutuskan untuk bergabung dengan Lazada dan hasilnya penjualan produk yang kami kembangkan meningkat drastis," pungkas Wiro.

Keberadaan platform e-commerce dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi pengusaha lokal untuk bersaing di pasar global. Semakin banyak masyarakat Indonesia yang berkecimpung dalam industri ini, semakin banyak pihak yang diuntungkan dari segi aspek produksi, distribusi dan penyerapan tenaga kerja.

Oleh karena itu, Florian menambakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, kolaborasi antara pemerintah, swasta dan pengusaha lokal perlu dilakukan. Hal ini dipandang perlu guna menyelesaikan berbagai tantangan yang muncul, seperti penyedian pelatihan, sistem pendukung dan media pemasaran.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS