August 8, 2016

Cloudera Navigator Optimizer Bantu Modernisasi Database di Lingkungan Hadoop

Penulis: Desmal Andi
Cloudera Navigator Optimizer Bantu Modernisasi Database di Lingkungan Hadoop  

MOBITEKNO – Setelah versi beta yang hadir beberapa waktu sebelumnya, awal bulan Agustus kemarin, Cloudera akhirnya mengumumkan ketersediaan Cloudera Navigator Optimizer versi full sebagai solusi untuk memodern-kan database di sebuah perusahaan yang menggunakan lingungan Hadoop. Hadirnya Cloudera Navigator Optimizer ini bersamaan dengan peluncuran Cloudera Enterprise 5.8.

Navigator Optimizer ini akan bekerja bersama dengan Hadoop dan akan memberikan visibilitas tingkat penggunaan ke dalam beban kerja Hadoop sehingga administrator database dapat secara aktif mengelola dan merekomendasikan model data berdasarkan perubahan kebutuhan. Pedoman optimasi yang terintegrasi untuk Apache Hive dan Apache Impala (inkubasi) juga memungkinkan hadirnya performa tertinggi untuk persiapan data, BI, dan analisis eksplorasi yang lebih cepat.

 “Bagi seluruh pelanggan kami, mengadopsi Cloudera Enterprise sebagai database analitik berbasis Hadoop adalah salah satu penggunaan yang popular. Platform Cloudera – yang memanfaatkan teknologi terbaik seperti Hive-on-Spark dan Impala – menghadirkan skala baru, fleksibilitas, dan performa bagi beban kerja analitik ini termasuk ETL, BI, dan analitik eksplorasi,” kata Charles Zedlewski, vice president, Products Cloudera.  “Untuk membantu para pelanggan kami agar lebih efektif dalam memanfaatkan Hadoop, kami dengan antusias menghadirkan Cloudera Navigator Optimizer sebagai alat baru yang unik,” tambah Zedlewski.

Sementara itu, kehadiran Cloudera Enterprise 5.8 juga dapat digunakan untuk membantu Cloudera Navigator Optimizer karena aplikasi ini memiliki solusi cloud native high performance analytics yang mendukung Amazon 53 dan dapat menggabungkan Hive dan Apache Spark sehingga para analis bisa memperoleh informasi langsung dari semua data mereka. Selaain itu, Cloudera Enterprise 5.8 juga dibekali solusi lainnya, yaitu Improved SQL Development Experience yang bisa menjadi antarmuka open xource bagi para pengembang SQL sehingga mereka akan dimudahkan dalam mengeksplorasi dan merancang kueri dengan cepat.

Tags:


COMMENTS