August 8, 2016

Chevrolet dari Tahun ke Tahun: Saksi Sejarah Perkembangan SUV di Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Chevrolet dari Tahun ke Tahun: Saksi Sejarah Perkembangan SUV di Indonesia  

MOBITEKNO – Chevrolet merupaakan salah satu brand otomotif yang sudah lama dikenal di Indonesia. Bahkan brand ini bisa menjadi icon perkembangan jenis kendaraan SUV di tannah air. Deretan kendaraan SUV terbaik dijamannya telah menghiasi track record Chevrolet dalam menghadirkan produk-produk unggulan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia, seperti Chevrolet Trooper di tahun 80an; Chevrolet Blazer di tahun 90an, dan Chevrolet Captiva di tahun millennium.

Chevrolet Trooper pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1983 dengan tagline “Feel the Power, Drive the Difference”. Saat itu, Chevrolet Trooper diakui sebagai kendaraan SUV 4WD yang nyaman dan tangguh di segala medan. Di Indonesia, para pencinta Chevrolet Trooper tergabung dalam komunitas Trooper Nusantara, yang berdiri sejak 11 Maret 2010.

Sedangkan Chevrolet Blazer pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1996 dengan nama Opel Blazer. Selanjutnya, generasi kedua dan ketiga dari Blazer diluncurkan pada tahun 1999 dan 2000 secara berurut. Pada tahun 2002, Blazer memulai petualanganya dengan nama Chevrolet Blazer, demi menegaskan image kendaraan SUV tangguh khas Chevrolet.

Varian Chevrolet Blazer terkenal dengan tampilan gagah dan tenaga yang besar khas mobil Amerika dengan mesin 2200cc yang dapat melahap berbagai medan. Di kalangan pencinta Chevrolet Blazer, mobil ini dikenal dengan julukan Kebo, karena kemampuan dan tenaganya yang dapat diandalkan. Pencinta Chevrolet Blazer di Indonesia tergabung dalam komunitas Blazer Indonesia Club (BIC), yang berdiri sejak 14 September 2001.

Generasi terkini dari kendaraan SUV Chevrolet diemban oleh Chevrolet Captiva. Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2007, Chevrolet Captiva menjadi andalan Chevrolet di segmen SUV. Selanjutnya, secara berturut-turut pada tahun 2008, 2009, 2011, dan 2014 varian Chevrolet Captiva terus hadir dengan desain atraktif dan tampilan yang menarik serta teknologi yang memenuhi kebutuhan konsumen. Hingga kini, pencinta Chevrolet Captiva yang tergabung dalam beberapa komunitas meliput Captiva Chevy Club dan Komunitas Captiva Indonesia telah mencapai lebih dari 1.000 anggota di seluruh Indonesia.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS