June 8, 2016

EA akan Gunakan Frosbite Sebagai Game Engine FIFA 17

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
EA akan Gunakan Frosbite Sebagai Game Engine FIFA 17  

MOBITEKNO – Setelah menggunakan game engine Ignite dalam game FIFA 14 (PlayStation 4, Xbox One) hingga FIFA 16 (Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One), produsen sekaligus distributor game multi platform EA (Electronic Arts, Inc.) akhirnya memutuskan beralih ke Frostbite sebagai game engine untuk game sepak bola populernya FIFA 17.

Suatu game engine biasanya digunakan developer game untuk membuat game dalam berbagai genre game (RTS, FPS, RPG, racing). Ini dilakukan agar proses pengembangan dan update game menjadi lebih ekonomis dan cepat.

Secara teknis, game engine adalah sebuah software framework yang memfasilitasi berbagai tugas/proses yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah game. Prosesnya mulai dari rendering graphics 2D/3D, physics engine, sound, animation, AI (artificial intelligence), networking, manajemen memori dan lain-lain.

Frostbite engine yang dikembangkan oleh developer game asal Swedia, DICE (kini menjadi EA DICE setelah dibeli EA) biasanya digunakan pada beberapa game EA bergenre non-sport, seperti Battlefield: Bad Company, Battlefield 1943, Battlefield: Bad Company 2, Need for Speed (2015), dan Star Wars Battlefront (2015).

Setelah FIFA 17, EA juga akan berencana melakukan transisi ke Frosbite engine versi terbaru (versi 3) untuk berbagai game sport lainnya. Sejauh ini, game sport EA, seperti Madden NFL 17, NHL 17, dan NBA Live 17 masih mengandalkan Ignite engine yang digunakan pada FIFA 16.

FIFA 17 bukanlah game sport pertama EA yang menggunakan Frostbite engine 3. Tahun lalu, game Rory McIlroy PGA Tour dari divisi EA Tiburon juga telah menggunakan game engine Frostbite 3 tersebut.

FIFA 17 dijadwalkan hadir untuk beragam platform (Xbox One, Xbox 360, PlayStation 4, PlayStation 3, PC) pada September tahun ini. Menurut CEO Andrew Wilson, CEO EA, game FIFA 17 akan mengalami peningkatan jauh dalam aspek personalisasi, level realisme, kedalaman game (immersion), dan aspek kompetisi. Kita tunggu saja kebenarannya.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS