March 8, 2016

Review Lenovo P1 Turbo: Big Battery, Big RAM dan Fingerprint

Penulis: Eko Lannueardy
Review Lenovo P1 Turbo: Big Battery, Big RAM dan Fingerprint  

MOBITEKNO – Terus bertarung di pasar Indonesia, Lenovo seakan tak mau berhenti untuk menggulirkan smartphone terbarunya. Ya! Di awal tahun 2016 ini, produsen teknologi asal Tiongkok tersebut kembali merilis satu smartphone terbarunya, VIBE P1 Turbo. Daya tarik smartphone ini adalah kapasitas baterai dan RAM yang terbilang besar.

Berbeda dengan varian sebelumnya, VIBE P1m yang hanya mengusung baterai berkapasitas 3900 mAh, Lenovo merancang VIBE P1 Turbo dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Diklaim, dukungan kapasitas baterai sebesar itu menjadi VIBE P1 Turbu dapat digunakan hingga dua hari penuh. Sangat menarik bukan?

“Kami memboyong seri VIBE P1 yang masuk ke Indonesia dengan embel-embel Turbo di belakangnya. Mengapa demikian? Smartphone ini tak hanya ditopang dengan baterai berkapasitas besar, tetapi juga dengan RAM sebesar 3 GB. Perangkat ini kami sediakan untuk konsumen di Tanah Air yang menginginkan sebuah performa,” ujar Miranda Vania Warokka, Marketing Lenovo Indonesia.

Apakah hanya itu keunggulan VIBE P1 Turbo? Bagaimana dengan performanya? Selama dua minggu penuh, Mobitekno.com berkesempatan menjajal VIBE P1 Turbo. Di ajak bekerja, bermain game dan keliling Kota Jakarta, kami mencari tahu kinerja prosesor yang disematkan oleh Lenovo ke dalam smartphone ini. Tak ketinggalan, kami pun menguji dua kamera yang ada di VIBE P1 Turbo.

Berikut ulasannya!

Kelengkapan

VIBE P1 Turbo dibanderol oleh Lenovo dengan harga Rp 3.900.000. Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone buatan Lenovo lainnya, VIBE P1 Turbo juga dikemas dalam sebuah kemasan dengan perpaduan warna hitam dan biru muda. Dengan label tertulis, “Lenovo VIBE P1” juga terlihat sangat jelas pada kotak penutupnya.

Masih seputar kemasan VIBE P1 Turbo, konsumen juga bisa menemukan atau melihat langsung spesifikasi yang tertulis. Tak hanya itu, Lenovo juga menegaskan tiga fitur unggulan VIBE P1 Turbo juga turut dicantumkan, yakni Huge 5000 mAh Battery, Lenovo Rocket Charge dan Fingerprint Security+NFC.

Selanjutnya, kami buka segel plastik yang melindungi paket untuk membuka dan melihat apa saja yang disediakan Lenovo dalam paket VIBE P1 Turbo ini. Hasilnya, dalam paket tersebut terdapat:

1. Unit Lenovo VIBE P1 Turbo.
2. Adapter untuk koneksi ke sumber listrik.
3. Kabel USB untuk koneksi data dari PC/Notebook ke smartphone atau untuk proses charge.
4. Konektor On the Go (OTG).
5. Quick Start Guid & Garansi (Manual Book).
6. Back Cover/Softcase.
7. Screen Protector.

Desain

Berbeda dengan VIBE P1m, VIBE P1 Turbo dirancang dengan dimensi 152,9 x 75,6 mm dan ketebalannya 9,9 mm. Sedangkan bobot beratnya sekitar 189 gram. Meskipun sedikit lebih berat dibandingkan P1m, smartphone ini masih nyaman digenggam saat mengoperasikan atau ditempatkan di saku celana.

Bagaimana dengan dukungan layarnya? VIBE P1 Turbo dirancang dengan layar 5,5 inci Full HD (1920 x 1080) plus teknologi IPS. Dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 3, kerapatan layarnya mencapai 400 ppi. Hal menarik lainnya, smartphone ini juga dilengkapi dengan Fingerprint yang mampu bekerja sangat cepat dalam merespon sidik jari penggunanya. Menarik!

Fitur atau tombol Fingerprint juga diletakkan agar mudah dijangkau oleh jari pengguna, yakni diantara tombol kapasitif Back dan Menu di bawah layar. Lenovo juga masih menyematkan tombol khusus, Power Save yang bertujuan menghemat penggunaan baterai saat kapasitasnya sudah hampir habis.

Sedangkan tombol Volume dan Power (On/Off) bisa Anda temukan di sisi kanan smartphone. Port Jack Audio 3,5 mm diletakkan di sisi atas dan port microUSB untuk pengisian baterai super cepat (fast charger) diletakkan di sisi bawah. Lenovo juga menempatkan dukungan dua speaker di sisi bawah smartphone yang dapat diandalkan oleh pengguna untuk mendengarkan musik atau audio lainnya.

Mengusung konsep unibody, Lenovo menempatkan slot Sim Card (Dual Nano Sim Card 4G LTE) cukup unik. Pengguna mesti membuka sebagian penutup bagian atas smartphone. Tak hanya menempatkan slot Sim Card, Anda juga bisa menemukan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 128 GB. Sedikit informasi untuk Anda, VIBE P1 Turbo sendiri juga sudah dibekali dengan internal storage sebesar 32 GB.

VIBE P1 Turbo juga dilengkapi dengan kamera utama 13 MP plus dual-color LED flash light. Sedangkan untuk kebutuhan foto selfie, smartphone ini dibekali dengan kamera depan 5 MP. Fitur lainnya yang turut disematkan oleh Lenovo adalah dukungan NFC, hal ini ditandai dengan adanya logo NFC yang terpasang di bawah kamera utama.

Fitur & Performa

Sebelum mencari tahu fitur serta performa dari VIBE P1 Turbo, ada baiknya untuk mengetahui dukungan hardware yang disematkan ke dalam smartphone ini. Sebelumnya telah disinggung, VIBE P1 Turbo telah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, RAM 3 GB serta internal storage sebesar 32 GB.

Untuk dapur pacunya, Lenovo mempercayakan untuk menggunakan prosesor racikan Qualcomm, Snapdragon 616 64-bit octa core dengan clock speed 1,5 GHz. Sedangkan untuk kemampuan grafisnya, chipset yang ditanam ke dalam smartphone ini adalah Adreno 405. Berkat spesifikasi hardware seperti itu, Mobitekno.com tak merasakan smartphone ini lag saat menjalan beragam aplikasi atau memainkan game dalam waktu lama.

Lalu, fitur-fitur apa saja yang menjadi andalan VIBE P1 Turbo. Pertama adalah Fingerprint yang berfungsi sebagai security sidik jari untuk membuka layar smartphone. Konfigurasi sidik jari pada smartphone ini juga cukup mudah. Semuanya bisa dilakukan lewat menu Fingerprint yang terdapat di bawah menu Setting.

Sayangnya, jumlah sidik jari yang bisa disimpan untuk membuka layar sangat terbatas, yakni hanya dua sidik jari. Namun tak perlu khawatir, dukungan fitur Fingerprint pada VIBE P1 Turbo ini bekerja sangat cepat dalam merespon sidik jari penggunanya, bahkan dari keadaan layar mati sekalipun.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah OneKey Power Saver. Ya! ini adalah sebuah tombol fisik yang ada di sisi kiri smartphone untuk mengaktifkan fungsi hemat baterai lebih cepat ketika kondisi baterai sudah hampir habis. Perlu diketahui, ketika Anda mengaktifkan OneKey Power Saver, aktivitas yang bisa dilakukan aakan terbatas, yakni hanya bertelepon, kirimpesan singkat (SMS) atau mendengarkan Radio FM.

Dilengkapi dengan fitur On the Go (OTG), Anda juga bisa mengoperasikan VIBE P1 Turbo via mouse atau keyboard. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menancapkan konektor OTG yang sudah menjadi aksesoris tambahan dalam paket penjualannya. Selanjutnya, Anda bisa menghubungkan dongle dari mouse atau keyboard Bluetooth ke konektor tersebut.

Ditopang dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, apakah untuk mengisi ulang VIBE P1 Turbo butuh waktu lama? Tidaklah demikian! Pasalnya, smartphone ini telah dilengkapi dengan fitur Lenovo Rocket Charger, melakukan pengisian ulang baterai yang terpasang di smartphone ini bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Untuk daya tahan baterainya, jika terisi penuh dan digunakan dalam pemakaian normal, mampu bertahan hingga dua hari. Penasaran dengan hal itu, Mobitekno.com menguji VIBE P1 Turbo untuk berselancar di dunia maya, memotret, merekam video dan bermain game. Terisi 100% pada pukul 09.00 WIB, tercatat sisa kapasitas baterai masih di atas 50% pada pukul 16.00 WIB di hari yang sama.

Untuk mengetahui performanya, Mobitekno.com melakukan proses pengujian menggunakan lima tools benchmarking, yaitu AnTuTu Benchmark 6.0.1, 3DMark – The Gamer’s Benchmark, PCMark for Android Benchmark 4.2, Geekbench 3 dan GFXBench GL Benchmark 4.0. Hasilnya dapat Anda lihat seperti di bawah ini.

 

Kamera

Lenovo membekali VIBE P1 Turbo dengan kamera belakang atau utama 13 MP plus Dual LED flash light. Tak hanya itu, Lenovo juga melengkapi kamera ini dengan dukungan Auto Focus. Menariknya, kamera utama yang disematkan sudah mampu mendukung video recording dengan kualitas Full HD atau 1080p dengan framerate 30fps.

Sedangkan kamera sekunder yang terletak di bagian depan, Lenovo membekalinya dengan sensor berkekuatan 5 MP. Tak perlu khawatir jika Anda ingin memanfaatkan kamera depan tersebut untuk keperluan foto diri sendiri alias selfie. Tak berbeda dengan VIBE P1m, P1 Turbo juga tak dilengkapi dengan fitur Beautify untuk memoles wajah agar terlihat lebih cantik.

Lalu bagaimana hasil pemotretannya, baik menggunakan kamera utama atau kamera depan? Memotret sebuah objek di luar ruangan, foto yang dihasilkan terbilang bagus untuk smartphone di kelasnya. Begitu juga saat menggunakan kamera depan untuk foto selfie, hasilnya tak begitu mengecewakan.

Hasil pemotretan menggunakan Lenovo VIBE P1 Turbo:

 

Spesifikasi

Ukuran Layar 5,5 inci
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Prosesor Qualcomm Snapdragon 616 64-bit Octa Core 1,5 GHz
Kartu Grafis Adreno 405
Kamera 13 MP (Belakang) dan 5 MP (Depan)
RAM 3 GB
Penyimpanan Internal 32 GB + Slot microSD (up to 128 GB)
Jaringan GSM/HSPA/LTE
Kartu Sim Dual Sim Card
Komunikasi Wi-Fi 802.11/b/gn, Hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, USB On-the-Go
Baterai Li-Po 5000 mAh

 

Kesimpulan

Lenovo di tahun 2015 lalu telah memasarkan VIBE P1m. Masuk kelas menengah, smartphone tersebut hadir dengan dukungan baterai berkapasitas tinggi, yakni 3900 mAh. Tak berhenti sampai di situ, Lenovo di tahun 2016 ini kembali merilis varian serupa, VIBE P1 Turbo. Kapasitas baterainya kembali ditingkatkan, menembus kapasitas 5000 mAh.

Tak hanya kapasitas baterai yang begitu besar, smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 3 GB. Dipadukan dengan prosesor racikan Qualcomm Snapdragon 616 64-bit Octa Core 1,5 GHz, pengguna tak perlu khawatir ketika menjalankan banyak aplikasi pada smartphone ini, termasuk bermain game.

Daya tarik lainnya, smartphone ini juga dilengkapi dengan Fingerprint. Fungsi fitur ini lebih diutamakan untuk membuka kunci atau security lewat sidik jari. Pengaturan sidik jari pun terbilang mudah, pengguna cukup mengakses menu Fingerprint yang terdapat di bawah menu Setting.

Inovasi lainnya yang tak kalah menarik, Lenovo telah menyematkan tombol khusus yang berfungsi sebagi Power Saver untuk menghemat penggunaan baterai. Cara menggunakan tombol ini cukup mudah! Pengguna tinggal menggeser ke atas untuk mengaktifkannya. Secara otomatis, fitur tersebut akan aktif dan memperlihatkan waktu pakai baterai tersebut serta aplikasi yang bisa dijalankan.

Tak kalah menarik, Lenovo juga menyisipkan fitur On the Go (OTG). Hadirnya fitur ini, memudahkan pengguna untuk mengoperasikan VIBE P1 Turbo via mouse atau keyboard. Tancapkan konektor OTG yang sudah menjadi aksesoris tambahan dalam paket penjualannya. Selanjutnya, Anda bisa menghubungkan dongle dari mouse atau keyboard Bluetooth ke konektor tersebut.

Dalam paket penjualannya, Lenovo juga memberikan Softcase dan Screen Protector. Tentu saja, ini menjadi sebuah nilai tambah untuk konsumen. Lenovo VIBE P1 Turbo dapat terpotreksi secara masikmal, terutama meminimalisir lecet pada sisi belakang dan layar smartphone tersebut. Untuk konsumennya di Indonesia, Lenovo memasarkan smartphone ini dengan harga Rp 3.999.000.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS