June 7, 2016

Mobil MPV LCGC Toyota Calya akan Punya Dua Varian

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mobil MPV LCGC Toyota Calya akan Punya Dua Varian  

MOBITEKNO – Meski PT Toyota Astra Motor (TAM) belum resmi mengumumkan kehadiran mobil terbarunya di segmen LCGC (Low Cost Green Car), Toyota Calya, penawaran awal mobil MPV terjangkau ini sudah banyak beredar di dealer-dealer.

Rencanaya, Toyota Calya yang akan diluncurkan secara perdana di ajang International Auto Show (GIIAS) 2016 bulan Agustus baru akan tersedia dalam dua varian, yaitu carian E dan G (manual dan automatic). Opsi dua varian ini sama seperti yang dilakukan Toyota pada mobil LCGC pertamanya Agya yang hadir dalam varian G sebagai versi high grade dan E sebagai varian di bawahnya (medium grade).

Perbedaan detail mengenai kedua versi tersebut belum dapat dipastikan. Namun, biasanya perbedaan harga akan berimbas pada fitur dan teknologi yang diusung di dalamnya. Menurut bocoran, Calya varian G akan memiliki ruang interior lebih nyaman dengan sistem pendingin (AC) Double Blower di bagian atap kabin dengan pengaturan suhu terpisah pada konsol bagian tengah.

Sebenarnya masih ada satu varian lagi yang mungkin menyusul hadir, seperti pada Toyota Agya dengan varian tertingginya, Toyota Agya TRD (Toyota Racing Development). Varian ini membawa beberapa sentuhan ekstra, seperti Chrome AC Register, Chrome List Combination meter, 2SIN, Audio CD/MP3/USB/Aux, tombol chrome parking brake dan tombol chrome shift lever.

Penampakan awal mobil MPV keluarga ini sebenarnya bisa diketahui saat Daihatsu memeprkenalkan mobil konsep bernama UFC-3 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Salah satu perbedaan utama Toyota Calya dengan Toyota Agya adalah pada dimensinya yang lebih besar (7 seater) dan mengusung mesin 1.2 liter yang berbeda.

Calya akan memiliki mesin empat silinder 3NR-FE berkapasitas 1,2 liter yang kabarnya tidak jauh berbeda dengan mesin Toyota Etios. Beberapa kabar juga menyebutkan bahwa Calya akan menggunakan mesin berteknologi dual VVT-i yang belum diusung mesin Etios. Kita tunggu saja kepastiannya setelah pelucurannya Agustus nanti.

Seperti kombinasi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Toyota Calya tidak meluncur sendirian karena akan ditemani kembarannya Daihatsu Sigra. Menarik ditunggu perkembangan kedua mobil LCGC ini selanjutnya, baik dari Toyota maupun Daihatsu. Rencananya, Toyota Cayla ini akan dibanderol mulai dari harga Rp 125 juta hingga Rp 140 jutaan.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES