June 7, 2016

Ingin Sempurnakan Apple Maps, Apple Rekrut Ahli Navigasi dari Harman

Penulis: Desmal Andi
Ingin Sempurnakan Apple Maps, Apple Rekrut Ahli Navigasi dari Harman  

MOBITEKNO – Apple tampaknya cukup serius dengan hal pemetaan digital. Peerusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino ini melihat peta digital merupakan hal yang penting untuk masa depan. Tidak heran, Sinisa Durekovic, seorang ahli pemetaan dan navigasi  dari Harman dan pernah juga bekerja untuk Garmin direkrut Apple untuk mengembangkan peta digital miliknya.

Sistem navigasi Harman sendiri sampai saat ini banyak digunakan oleh mobil-mobil premium seperti BMW, Mercedes, dan Audi. Durekovic telah berpengalaman daam hal navigasi. Karirnya dimulai pada tahun 1994 di Navigon, yang saat ini sudah dimiliki Garmin. Selama ini, Durekovic selalu berkutat pada navigasi satelit. Bahkan, menurut Automotive News, Durekovic memiliki beberapa paten untuk sistem pencagahan tabrakan yang berdasarkan data dari pemetaan.

Kini, Durekovic resmi dimiliki Apple dan dalam tugasnya akan bekera keras mengembangkan layanan Apple Maps, agar bisa bersaing dengan Google Maps.

Saat ini Apple memang fokus dalam hal dunia navigasi. Bahkan, baru-baru ini Apple menanamkan investasi sebesar US$ 1 miliar ke perusahaan layanan ride sharing Didi Chuxing asal Tiongkok yang juga bekerja berdasarkan sistem navigasi dalam aplikasinya. Tawaran untuk penggunaan Apple CarPlay dari perusahaan otomotif pun cukup banyak sehingga mendorong Apple untuk lebih serius menangani Apple Maps yang merupakan bagian dari Apple CarPlay.   

Tags: , , , , ,


COMMENTS