May 7, 2016

Layar Kecil Smartwatch Bukan Masalah dengan Teknologi SkinTrack

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Layar Kecil Smartwatch Bukan Masalah dengan Teknologi SkinTrack  

MOBITEKNO – Peniliti di Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh, Pittsburgh, Pennsylvania, AS, mengembangkan metode baru bagi pengguna dalam berinteraksi dengan smartwatch. Apabila layar smartwatch telah menjadi interface utama selama ini, metode interaksi baru akan menggunakan lengan tangan pengguna sebagai layar sentuh tambahan.

Sistem yang dinamakan SkinTrack oleh Future Interfaces Group, Human-Computer Interaction Institute (HCCI) yang ada di universitas tersebut pada dasarnya menghilangkan gangguan saat menggunakan layar smartwatch kecil. Caranya dengan memperluas area interaksi layar sentuh ke kulit lengan tangan penguna

SkinTrack mendeteksi gerakan dengan bantuan cincin yang memancarkan sinyal dan strap (band) dengan elektroda khusus. Cukup dengan menggerakkan jari yang dilengkapi cincin tersebut di atas kulit lengan, pengguna sudah dapat melakukan interaksi dengan smartwatch, bahkan bermain game tertentu di sana.

Saat ujung jari dengan cincin khusus menyentuh kulit, cincin akan memancarkan sinyal listrik frekuensi tinggi melalui lengan pengguna (sebagai konduktor listrik). Sistem ini kemudian memakai elektrode di strap (band) di pergelangan tangan pengguna untuk mendeteksi posisi jari. Menurut HCCI, juga bisa diterapkan pada pakaian dan mendukung semua jenis input, seperti tapping, swiping, dan gestures.

Pada demo video misalnya ditunjukkan penguna menggambar di pergelangan tangan untuk me-start aplikasi dan mengabaikan panggilan (vocie call). SkinTrack juga bisa dipakai melakukan fungsi scroll, zoom in, dan mengontrol game.

Sistem ini diklaim bisa menentukan kapan jari pengguna menyetuh kulit dengan tingkat akurasi 99 persen. Bahkan mereka (peneliti) membandingkan sistem in dengan sistem on-body finger-tracking lainnya yang telah ada.

Menurut penjelasan Chris Harrison, asisten profesor HCII kepada CMU News, SkinTrack memungkinkan perpindahan interaksi dari layar ke lengan untuk menyediakan (area) interface yang lebih besar/luas. Kita tunggu saja, apakah metode interaksi akan hadir berbagai produk smartwatch mendatang.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS