December 6, 2016

Pixma TS8070: Printer Canon Ini Bisa Cetak Foto Langsung dari Instragram, Facebook, dan Twitter

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pixma TS8070: Printer Canon Ini Bisa Cetak Foto Langsung dari Instragram, Facebook, dan Twitter  

MOBITEKNO – Selain merilis printer Pixma G4000 untuk segmen SOHO di acara khusus Bali (29/11/2016), Canon melalui authorized distributor-nya di Indonesia, PT. Datascrip, juga meluncurkan printer warna yang ditujukan bagi pencita fotografi atau photolover yang ingin menikmati hasil foto secara langsung di media cetak (kertas).

Andryan W. Pranata, Marketing Executive Canon Consumer Systems Products Div. PT. Datascrip, menyatakan bahwa Pixma TS8070 merupakan penerus dari printer inkjet MG series (misalnya MG7770).

Menjawab segmentasi Pixma TS8070 ini, Andryan menyatakan, “Untuk photolover atau mereka yang mencari printer yang mampu mencetak dengan kualitas tinggi. Ini berarti bisa untuk pengguna rumahan atau pun perkantoran.”

""

Berbeda dengan printer MG series terdahulu, printer Pixma TS8070 terbaru ini hadir dengan desain lebih ringkas dan ergonomis (372 x 324 x 139 mm), serta menyediakan tiga varian warna menarik (hitam, merah, dan coklat).

Oleh karena ditujukan bagi photolover, Canon melengkapi Pixma TS8070 dengan enam ink cartridge khusus, termasuk tinta abu-abu, agar gradasi warna saat cetak foto menjadi lebih akurat/presisi. 

Area cetak foto juga maksimal karena printer ini sudah mengusung fitur Borderless Printing (cetak foto satu halaman kertas penuh tanpa tepi). Pilihan kertas untuk mencetak juga beragam, antara lain kertas foto 4×6 inci, 5×5 inci (Instagram square size), A4, A3 (PP208), hingga Photo Sticker (PS208 & PS308R). Spesifikasi teknis menyebutkan bahwa Pixma TS8070 sanggup mencetak foto borderless 4×6 inci hanya dalam waktu 21 detik.

""

Menurut Monica Aryasetiawan, Division Manager Consumer System Product PT Datascrip, dengan Canon PIXMA TS8070 terbaru ini, pengguna bisa mencetak foto dengan kualitas cetak yang tinggi. Bukan hanya berkualitas tinggi, keenam jenis tinta dari individual ink cartridge-nya pun diklaim awet alias bertahan dalam jangka waktu lama.

“Foto yang dicetak (oleh Canon Pixma TS8070) ini jika disimpan pada kondisi yang baik akan terjaga kualitasnya hingga selama 100 tahun,” pungkas Monica.

Seperti Pixma G4000, printer Pixma TS8070 juga telah mendukung proses cetak nirkable NFC (Near Field Communications), Wi-Fi Direct, mobile-cloud printing, copy ID card, dan fitur ‘Document Removal Reminder’. Tidak ketinggalan pula adalah fitur auto duplex (cetak dua sisi tanpa membalik kertas manual).

Di samping kesamaannya, Pixma TS8070 juga menawarkan fitur khusus, seperti adanya paper feeding di depan (front) dan belakang (rear), layar 4,3 inci untuk mengakses menu/kontrol dan menariknya lagi adalah fasilitas untuk mencetak foto langsung dari berbagai layanan social media, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

""

Berkaitan dengan kemampuannya mencetak langsung dari social media tersebut (saat terkoneksi ke Internet), pengguna hanya perlu melakukan login ke akun socia media-nya, memilih foto, tentukan setting foto, dan akhiri dengan mencetaknya.

Popularitas layanan Instragram di kalangan photolover juga telah diakomodir Canon pada Pixma TS8070. Canon menyediakan dukungan khusus (setting dan media kertas foto) untuk mencetak foto 5×5 inci (Instagram square photos) tanpa perlu melakukan pengaturan tambahan. Dengan dukungan ini, caption atau keterangan foto yang sudah termuat di Instagram juga ikut tercetak oleh Pixma TS8070.

Tertarik membelinya untuk mencetak koleksi foto sudah ‘terpajang’ di akun Instragram yang selama ini? Pixma TS8070 yang tersedia dalam warna  ini (Hitam, merah, dan coklat) akan dipasarkan seharga Rp 3,5 juta (garansi 1 tahun dari Datascrip).
 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS