December 6, 2016

Fitbit Mendominasi Pasar Wearable Device

Penulis: Desmal Andi
Fitbit Mendominasi Pasar Wearable Device  

MOBITEKNO – Keberadaan wearable device bagi sebagian orang dapat membantu aktivitas mereka sehari-hari, terutama yang gemar melakukan olahraga. Namun, apakah Anda tahu, wearable device mana yang paling populer saat ini? Belum lama ini lembaga survei IDC mengeluarkan informasi mengenai wearable device yang mendominasi pasar di dunia.

Dari laporan IDC, Fitbit ternyata menduduki urutan pertama untuk wearable device yang paling populer di dunia. Fitbit menjangkau 23 persen dari seluruh pasar wearable device di dunia pada tahun 2016 ini. Angka ini meningkat sebesar 21,4 persen dibandingkan pada tahun 2015 lalu. Produsen Fitbit pun telah mengirimkan sekitar 5,3 juta unit Fitbit pada kuartal ke 3 tahun ini, meningkat dari kuartal 3 tahun sebelumnya, yaitu 4,8 juta unit.

Saat ini, kompetitor yang terdekat dengan Fitbit adalah Xiaomi. Xiaomi memegang 16,5 persen dari pasar wearable device, naik sebesar 0,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Bagaimana dengan brand lainnya? Ternyata jaraknya cukup jauh dengan Fitbit, dan bahkan Xiaomi. Garmin, Apple, dan Samsung yang memiliki perangkat wearable device modern dan stylish hanya memegang pasar sebesar satu digit saja. Bahkan, pasar Apple turun dari 17,4 persen pada tahun lalu menjadi 4,9 persen saja pada tahun ini.

“User selalu menginginkan perubahan yang sesuai dengan keinginannya. Ini merupakan kesempatan buat wearable pintar yang multifungsi dan memanfaatkan banyak hal dari aplikasi pihak ketiga, baik untuk konsumer maupun kepentingan bisnis,” kata Ramon Liamas, peneliti dari IDC, seperti dikutip dari Uber Gizmo. “Untuk mendapatkan keinginnannya, kami perlu untuk melihat user interface yang lebih intuitif, menawarkan banyak pengalaman, konektivitas mandiri, dan aplikasi yang dapat mendukung kesehatan, olahraga, dan produktivitas,” tambah Ramon.

Menurut peneliti dari IDC, kesuksesan Fitbit menggambarkan banyak orang yang lebih menyukai fitur standar dari sebuah perangkat wearable, ketimbang smartwatch yang lebih rumit. Dari tahun ke tahun, Fitbit juga semakin berkembang dalam memproduksi wearable device. Bahkan, beberapa pihak mengatakan Fitbit berencana akan mengakuisisi pembuat jam tangan pintar, Pebble.

Sumber: Uber Gizmo

Tags: , ,


COMMENTS