November 6, 2016

Review Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016): Tablet Ekonomis untuk Anak Sekolah

Penulis: Maulana
Review Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016): Tablet Ekonomis untuk Anak Sekolah  

MOBITEKNO – Selain laptop, tablet juga kerap menjadi pilihan para orang tua untuk menemani anaknya yang masih di bangku sekolah. Pasalnya, dengan berbagai fitur yang dimilikinya, tablet bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi dan memutar berbagai jenis konten multimedia.

Sebagai salah satu produsen gadget dan elektronik, Samsung pun tak ketinggalan untuk terus memperbarui lini produk tablet miliknya, salah satunya adalah Galaxy Tab A 7.0 (2016). Dengan layar 7 inci dan spesifikasi yang tak terlalu tinggi, tablet ini lebih ditujukan untuk pengguna yang tak membutuhkan perangkat powerful untuk bisa menjalankan berbagai aplikasi berat, salah satunya adalah anak sekolah.

Selain memiliki layar 7 inci, tablet yang menggunakan sistem operasi Android ini juga dibekali dengan memori internal 8 GB, RAM 1,5 GB, kamera depan 5 MP, dan kamera belakang 2 MP. Apalagi kelebihannya? Berikut selengkapnya.

Desain

Walaupun diposisikan sebagai tablet ekonomis, desain bodi Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016) tak terlihat murahan. Pasalnya, meski menggunakan bahan plastik, produsen gadget asal Korea tersebut berhasil mengemasnya dengan finishing yang baik. Berkat material yang cukup tebal dan total dimensi 186,9 x 108,8 x 8,7 mm, tablet ini pun terasa kokoh dan nyaman saat digenggam dengan kedua tangan.

Layaknya, perangkat Samsung pada umumnya, tablet yang memiliki layar 7 inci beresolusi 1.280 x 800 ini dilengkapi dengan dua buah tombol kapasitif (menu dan back) serta tombol home pada bagian depannya. Selain itu, pada bagian depan juga ada speaker dan kamera 2 MP. Sementara tombol power, volume up, dan volume down diletakkan pada samping kanan. Sedangkan jack audio 3,5 mm dan port micro USB ada di bagian atas.

Beralih ke bagian belakang, agar tidak terasa licin ketika dipegang, Samsung membalut back cover Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016) dengan cat doff. Di sisi lain, hal tersebut juga membuatnya tahan terhadap goresan dan bekas sidik jari.

Dengan desain unibodi, Anda tidak diizinkan untuk membuka back cover yang terpasang pada tablet ini. Sebagai gantinya, Samsung menyematkan slot microSD (mendukung hingga 256 GB) dan SIM card pada bagian samping kiri. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengaksesnya dengan mudah.

Berkat dibekali dengan chipset Spreadtrum SC9830 dan sebuah slot microSIM, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016) tak hanya mendukung jaringan 2G dan 3G, tetapi juga 4G LTE Cat4 dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan upload 50 Mbps.

Fitur & Performa

Seperti perangkat Samsung lainnya, Galaxy Tab A 7.0 (2016) dibekali dengan aplikasi Smart Manager. Aplikasi ini punya beberapa fungsi yang bisa mengoptimalkan kinerja sistem, di antaranya adalah membersihkan RAM, membuang file yang tak digunakan, menghemat konsumsi baterai, dan sebagai anti-malware. Sayangnya, Smart Manager yang terpasang pada perangkat ini, tak memiliki fungsi untuk menghemat penggunaan kuota data.

Untuk kamera, aplikasi bawaan yang terinstall pada tablet ini menyediakan delapan mode yang bisa digunakan, yakni Auto, Pro, Panorama, Continuous shot, Beauty Face, Sound & shot, Sports, dan HDR (Rich tone). Mode auto sendiri akan aktif secara otomatis ketika membuka aplikasi kamera.

Pada mode Pro, Anda bisa mengubah-ubah konfigurasi white balance, ISO, dan exposure. Untuk konfigurasi white balance, ada lima pilihan yang tersedia. Di antaranya adalah Auto, Daylight, Cloudy, Incandescent, dan Fluorescent. Sementara ISO bisa diatur dari Auto, 100, 200, atau 400.

Bagi yang suka selfie, pengguna bisa mencicipi mode Beauty Face. Sayangnya, pada mode ini Anda tak bisa melakukan kostumisasi tingkat kehalusan wajah. Untungnya, hal tersebut hanya berlaku untuk kamera belakang saja. Dengan kata lain, Anda masih bisa mengaturnya saat menggunakan kamera depan.

Performa

Untuk Galaxy Tab A 7.0 (2016), Samsung memadukan RAM 1,5 GB dan chipset Spreadtrum SC9830. Chipset tersebut ditenagai oleh prosesor quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1,5 GHz dan GPU Mali-400. Dengan spesifikasi tersebut dan resolusi layar 1.280 x 800, TouchWiz UI yang berjalan di atas sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 tak bisa ditampilkan dengan performa yang maksimal. Hal ini cukup terasa pada beberapa animasi yang muncul saat berpindah transisi menu.

Ketika diujicoba dengan game berat seperti Asphalt 8, performanya tak bisa dibilang memuaskan pada konfigurasi Medium sekalipun. Meski begitu, game tersebut masih bisa ditampilkan dengan cukup baik pada konfigurasi Low. Sementara pada game kelas menengah seperti Fruit Ninja, tablet ini mampu menunjukkan kinerja yang baik. Hanya saja, terjadi degradasi performa ketika semakin banyak buah yang ditampilkan.

Hal yang sama juga terjadi pada saat dites untuk browsing dengan menggunakan Google Chrome. Pasalnya, performanya terasa semakin menurun ketika semakin banyak tab yang dibuka. Pun begitu saat membuka sebuah web yang banyak menampilkan objek berupa gambar, video, maupun animasi.

Meski begitu, tablet ini masih mampu membuka berbagai aplikasi chatting dengan lancar seperti WhatsApp, Line, dan BBM, serta beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu versi 6, Geekbench 4 dan PCMark.

 

Hasil Foto:

Spesifikasi

Sebagai tablet kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016) dibekali dengan RAM yang cukup besar, yaitu 1,5 GB. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016) selengkapnya:

Layar 7 inci (1.280 x 800 piksel)
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Chipset Spreadtrum SC9830
Prosesor Quad-core 1,5 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400 MP2
Kamera 5 MP autofocus, LED Flash (belakang); 2 MP (depan)
RAM 1,5 GB
Storage 8 GB internal, MicroSD up to 256 GB
Jaringan GSM/HSPA/4G LTE Cat 4
Kartu SIM Micro SIM Card
Komunikasi dan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth® v 4.1 with A2DP, Wi-Fi Direct, radio FM
Audio MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, MIDI, WAV, AC3, FLAC
Video DivX, H.264, MPEG4, H.263, Xvid, 3gp
Sensor Accelerator/Ambient Light Sensor
Baterai 4.000 mAh Lihitum-ion

 

Kesimpulan

Berbekal layar 7 inci dan spesifikasi yang tergolong pas-pasan, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016) bukan dirancang untuk pengguna yang membutuhkan perangkat serba bisa berkinerja tinggi, melainkan lebih cocok untuk pengguna awal seperti anak sekolah.

Walaupun tak sanggup untuk menjalankan game berat, performa chipset Spreadtrum SC9830 yang tertanam di dalam tablet ini masih bisa mengakomodir kebutuhan dasar para pengguna gadget dengan lancar, seperti membuka media sosial, mendengarkan musik, menonton film, dan browsing.

Samsung Galaxy Tab A 7.0 sendiri datang dengan dua varian, yakni Wi-Fi (T280) dan 4G (T285). Jika merasa kemahalan dengan varian 4G, Anda bisa memilih varian Wi-Fi.

Tags: , , , ,


COMMENTS