November 6, 2016

Ingin Beli Headset VR Oculus Rift atau HTC Vive? Cek Dulu Kesiapan PC Anda dengan VRMark

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ingin Beli Headset VR Oculus Rift atau HTC Vive? Cek Dulu Kesiapan PC Anda dengan VRMark  

MOBITEKNO – Futuremark dikenal sebagai pengembang software benchmark 3DMark dan PCMark yang populer digunakan untuk mengetahui seberapa baik performa PC dalam menjalankan beragam aplikasi/software di Windows.

Kini, Futuremark kembali memperkenalkan software benchmark lainnya yang diperuntukkan bagi penguna yang ingin menjajal berbagai aplikasi virtual reality (VR) yang mulai marak beberapa tahun ini di PC/notebook dengan platform Windows.

Futuremark menamakannya VRMark. Software ini diklaim dapat membantu pengguna menjajal (stress test) kemampuan PC untuk mengetahui layak tidaknya performa PC jika digunakan bersama headset atau HMD (head-mounted display) Oculus Rift dan HTC Vive.

Seperti benchmarking tool umumnya, VRMark akan menjalankan serangkaian tes pada PC, terutama pada berbagai komponen penting dalam menjalankan aplikasi VR. Pengguna tidak perlu menggunakan headset VR untuk menjalankan VRMark. Jadi, penguna bisa memastikan kesiapan PC dalam menjalankan berbagai apliaksi VR sebelum membeli Oculus Rift atau HTC Vive.

""

VRMark akan tersedia dalam tiga edisi. Pertama yang tersedia gratis, 'Basic Edition' akan menyertakan ‘Orange Room test’ yang menguji PC dengan mengacu pada spesifikasi yang direkomendasikan oleh headset Oculus Rift dan HTC Vive.

‘Orange Room test’ akan menampilkan mode first-person experience dimana pengguna diajak melihat dan mengeksplorasi sebuah museum dengan lukisan dan tampilan ‘hidup’. Tujuannya tentu saja untuk mengukur kemampuan PC (CPU, GPU, hardware, memori, dan komponen lainnya) dalam menjalankan aplikasi VR.

Edisi kedua, ‘Advanced Edition’ seharga US$ 15 menyertakan ‘Blue Room test’ untuk menguji PC yang telah memenuhi syarat rekomendasi spesifikasi dari headset Oculus Rift dan HTC Vive.

Terakhir adalah ‘Professional Edition’ yang diperuntukkan untuk pengguna profesional (bisnis dan komersial). VRMark Basic sudah tersedia untuk diunduk (download) di website Futuremark, sedangkan VRMark Advanced bisa diperoleh dari Futuremark atau layanan Steam.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS