October 6, 2016

Bantu Industri Meningkatkan Bisnisnya, Epson Luncurkan Robot C8 Series 6 Axis

Penulis: Desmal Andi
Bantu Industri Meningkatkan Bisnisnya, Epson Luncurkan Robot C8 Series 6 Axis  

MOBITEKNO – Industri robot untuk membantu berbagai proses semakin diminati oleh berbagai macam industri yang ada saat ini. Epson sebagai perusahaan teknologi pun turut sadar akan hal tersebut dengan meluncurkan robot C8 Series yang memiliki 6 axis sehingga dapat bergerak lebih fleksibel. Robot inipun memiliki berbagai sensor tekanan untuk meningkatkan keamanan selama beroperasi.

Melalui sensor tekanan terbaru yang ada di seri C8 ini, robot dapat merasakan tekanan hingga 0,1 Newton sehingga robot dapat dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan seperti perakitan komponen. Sensor ini juga dapat digunakan untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan sensor manusia seperti penggosokan, deburring, memberikan kebebasan kepada manusia dalam hal pengerjaan tugas berulang.

“Peluncuran robot C8 sries bersamaan dengan sensor tekanan telah mengembangkan aplikasinya secara luar biasa yang dapat ditawarkan kepada pelanggan dan merupakan pengembangan inovasi yang signifikan pada industri,” kata Ng Ngee Khiang, Regional General Manager (SE Asia) Epson Singapore. “ Dengan permintaan yang tinggi untuk robot industri di kawasan Asia Tenggara, kami sangat gembira dengan kesempatan untuk memperluas bisnis inidimana hadir sensor tekanan bagi para pelanggan kami. Kami selangkah lebih maju dalam pengembangan robot, kami membayangkan robot dapat bekerja dan mendukung manusia pada industri, dari manufaktur hingga sektor layanan,” tambah Ng Ngee Khiang.

Robot industri yang dikeluarkan Epson ini membawa payload tertinggi dalam rangkaian robot yang diproduksi Epson. Robot ini mampu menahan beban hingga 8 kg pada kecepatan tinggi dengan getaran minim. Pengembangan teknologi pada kontrol getarannya ini menggunakan Quartz Micro Electro Mechanical Systems (QMEMS) Epson dengan indra pada kecepatan sudut dan umpan balik untuk membantu mengurangi getaran secara signifikan selama bergerak.

Robot ini juga dilengkapi dengan Epson Vision Guide software sebagai pilihan untuk pengembangan visi mesin dan sistim proses gambar yang menyediakan interface untuk aplikasi pengembangan robot visi.

Menurut Epson, berdasarkan data dari International Federation of Robotics, secara global, diperkirakan dari tahun 2016 hingga 2018, instalasi robot akan meningkat, paling tidak rata-rata 15% per tahun (CAGR), dengan sekitar 18% di Asia dan Australia. Antara 2015 dan 2018, diperkirakan sekitar 1.3 juta robot industri terbaru yang akan diinstal di pabrik di seluruh dunia

Tags: , , ,


COMMENTS