September 6, 2016

Pantau Ukuran Pinggang Pengguna, Smart Belt WELT Ingin Cegah Perut Buncit

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pantau Ukuran Pinggang Pengguna, Smart Belt WELT Ingin Cegah Perut Buncit  

MOBITEKNO – Setiap orang umumnya ingin memiliki bentuk tubuh ideal, termasuk perut yang tidak buncit. Selain menggangu penampilannya, perut buncit juga membawa resiko penyakit jantung, diabetes, kolesterol, stroke, gangguan pernafasan, dan dampak sosial/psikologis lainnya.

Salah satu indikator yang menunjukan perut mulai bertambah buncit adalah saat Anda menggunakan ikat pinggang (belt) di celana. Di era serba smart saat ini, ide untuk membuat ikat pinggang yang bisa membantu penggunanya memantau perkembangan perut dari waktu ke waktu sudah dirintis oleh Samsung Creative Lab project (C-Labs) yang disebut WELT smart belt.

Ikat pinggang pintar WELT yang sempat tampil di hadapan publik pada ajang CES 2016 lalu kini ditawarkan melalui program crowdfunding KickStarter. Kehadirannya di KickStarter merupakan misi pengembang Welt project untuk mendapatkan dana sekitar US$ 30 ribu sebelum masuk ke fase produksi. WELT optimis, dengan sisa waktu sekitar sebulan ini tujuan mereka akan segera tercapai.

Smart belt WELT akan tersedia dalam beberapa varian, di antaranya Welt Casual (US$ 69), Welt Classic (US$ 99), dan Welt Premium (US$ 129). Khsus Edisi Spesialnya akan diberi ukiran (engraved) nama pengguna atau pesan-pesan khusus.

Smart belt WELT dikenakan layaknya ikat pinggang biasa. Perbedaannya, WELT sudah memiliki fungsi deteksi ukuran pinggang, langkah, durasi duduk (sitting time), dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Ikat pinggang ini juga menginformasikan kapan seharusnya Anda berdiri dan berjalan jika memang diperlukan.

Selain pedometer, fungsi pemantau ukuran pinggang bisa dilakukan berkat adanya sensor magnetik yang terpasang pada kepala ikat pinggang. Menurut WELT, lemak di perut (abdominal fat) merupakan hasil dari asupan kalori (calorie intake) yang berlebih. Berdasarkan calorie intake ini, pinggang dapat membesar atau menyusut hanya dalam durasi setengah jam.

Indikator inilah yang menjadi dasar bagi smart belt WELT dalam memantau variasi ukuran pinggang yang cepat tersebut untuk kemudian memonitor pola makan pengguna yang berlebih.

Ikat pinggang WELT yang punya daya tahan baterai 20 hari ini akan men-sync-kan semua data yang dikumpulkannya ke aplikasi Welt di smartphone via koneksi Bluetooth. Berharap saja baterainya tidak bermasalah (terbakar/meledak) seperti pada kasus beberapa smartphone Galaxy Note 7 belakangan ini.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS