January 6, 2016

Volvo-Microsoft Wujudkan Knight Rider ke Dunia Nyata

Penulis: Desmal Andi
Volvo-Microsoft Wujudkan Knight Rider ke Dunia Nyata  

MOBITEKNO – Anda yang pernah mengalami era tahun 80-an pasti tidak asing lagi dengan film seri Knight Rider. Film yang menyuguhkan teknologi mobil otomatis dan dapat diperintah dari gadget sang pengemudi, Michael Knight yang diperankan oleh aktor David Hasselhoff.

Kini, Volvo dapat mewujudan hal tersebut ke dunia nyata. Bekerjasama dengan Microsoft, Volvo memanfaatkan smart band dari Microsoft, yaitu Microsoft Band 2, untuk berkomunikasi dengan sistem komputer yang ada di mobil Volvo. Seperti halnya film Knight Rider, mengoperasikan berbagai fitur di mobil bisa dilakukan dari Microsoft Band 2, bahkan hanya melalui perintah suara.

Fungsi remote control dari Microsoft Band 2 ini dapat melakukan hampir semua fungsi, seperti menyalakan pemanas, membunyikan klakson, mengatur navigasi, dan bahkan menyalakan mobil terlebih dahulu agar ruang kabin bisa dimasuki dengan nyaman. Pengemudi juga bisa menyalakan lampu utama atau membuka pengunci pintu hanya dengan mengatakan “Prepare the Volvo”. Cara yang sederhana untuk mempersiapkan mobil.

Namun, agar Microsoft Band 2 dapat berkomunikasi dengan mobil, dibutuhkan aplikasi khusus dari Volvo yang dipasangkan pada smartband tersebut. Teknologi perintah suara ini rencananya baru akan digulirkan ke pasar pada musim panas 2016.

Tags: , , ,


COMMENTS