February 5, 2016

Masyarakat Indonesia Masih Rendah Memanfaatkan Belanja Online

Penulis: Desmal Andi
Masyarakat Indonesia Masih Rendah Memanfaatkan Belanja Online  

MOBITEKNO – Memberikan sebuah hadiah ke teman dekat sudah menjadi kebiasaan banyak orang di seluruh dunia. Namun, berapa sih uang yang dihabiskan untuk membeli hadiah dan menyerahkan ke teman dekat di hari-hari romantis, seperti Valentine?

Menurut survei yang dilakukan Rakuten Belanja Online dalam "Rakuten Romantic Secrets Surveys" yang baru saja dilaporkan pada Rabu, 4/2/2016 kemarin, ternyata orang cenderung menghabiskan paling banyak uang untuk teman dekat mereka sebesar kurang lebih Rp 600 ribuan. Disusul untuk sendiri sebesar Rp 526.680 dan tunangan Rp 522.522. Mereka rela menghabiskan banyak uang demi pertemanan. Lalu, bagaimana untuk pacar? Dari hasil survei ternyata para responden rela mengeluarkan uang untuk belanja hadiah sebesar Rp 518.364 untuk pacar mereka.

Sementara itu, bagi pasangan mereka, ternyata perjalanan wisata menjadi hadiah idaman yang paling ditunggu oleh mereka. hadiah dalam bentuk perjalanan ini memegang 45% dari responden yang ada. Sementara traktiran makanan atau minuman ada di bawahnya, dengan 37%, dan perhiasan ada di urutan selanjutnya dengan 33%. Smart Device seperti smartphone, tablet, atau perangkat game juga menjadi hadiah idaman dengan 31%.

"Perjalanan atau trip memang menjadi hadiah favorit bagi mereka, terutama untuk berlibur ke sebuah tempat menarik," ujar Yasunobu Hashimoto, Director Rakuten Belanja Online. "Sebagian orang mengharapkan ditraktir makan atau minum di tempat-tempat menarik," tambah Hashimoto.

Survei yang dilakukan Rakuten Belanja Online ini dilakukan kepada 2.500 responden perempuan dan laki-laki yang berusia 20-60 tahun. Survei ini dilakukan untuk mengetahui apa saja keinginan konsumen Rakuten di hari romantis, terutama untuk para pasangan mereka. 

Dari survei ini juga diketahui bahwa ternyata masyarakat Indonesia masih rendah dalam menggunakan fasilitas belanja online. Dari lima negara yang di survei, Indonesia berada di urutan paling bawah. Thailan menduduki peringkat pertama dengan 45% respondennya memanfaatkan online untuk membeli sebuah hadiah. Disusul dengan malaysia yang juga 45%. Selanjutnya Singapura dengan 43% dan Taiwan 38%. responden Indonesia hanya 37% yang memanfaaatkan fasilitas online untuk membeli sesuatu sebagai hadiah. Dengan hasil ini, masyarakat Indonesia tampaknya masih lebih menyukai toko offline. 

Tags: , , ,


COMMENTS