February 5, 2016

Akses Netflix Lebih Aman dan Cepat dengan Opera Max Terbaru yang Mendukung Protokol SPDY

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Akses Netflix Lebih Aman dan Cepat dengan Opera Max Terbaru yang Mendukung Protokol SPDY  

MOBITEKNO – Browsing di Internet melalui koneksi Wi-Fi publik yang diakses banyak orang punya risiko keamanan tersendiri. Salah satu metode ampuh agar koneksi jaringan Wi-Fi bersama tersebut berlangsung cepat, aman, dan bebas dari penyadapan data adalah dengan menerapkan koneksi VPN (Virtual Private Network).

Aplikasi mobile Opera Max juga telah menerapkan metode VPN tersebut. Bahkan, lebih jauh lagi Opera Max juga telah menyertakan fungsi kompresi data real time dan app management.

Belum lama ini, Opera Max juga akan semakin aman dan cepat berkat peralihan koneksi data VPN dari protokol HTTP 1.1 ke protokol SPDY dengan SSL tunnnel. Dengan demikian, lalu lintas data Internet bukan hanya lebih hemat, tapi juga telah dienkripsi (lebih aman).

Meskipun Google yang mengembangkan protokol SPDY telah menyatakan akan mengadopsi protokol open standard berikutnya, yaitu HTTP 2.0 (HTTP/2), Opera sejauh ini masih belum berencana mengikuti jejak Google. Adopsi HTTP 2.0 mungkin akan dilakukan Opera pada Opera Max setelah spesifikasi HTTP 2.0 telah final.

Adopsi protokol SPDY pada Opera Max diklaim Opera akan dapat memangkas pemakaian data secara signifikan saat menjalankan app atau mengakses beragam layanan yang penuh dengan gambar. Misalnya, Instagram, Flipboard, YouTube, Netflix, atau layanan rakus data lainnya.

Apabila Anda termasuk pengguna yang ingin lebih berhemat data, terutama saat menggunakan jaringan seluler, Anda bisa men-download Opera Max di Play Store secara gratis.

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS