October 4, 2016

Incar Pasar Display Headset VR, Sharp Pamerkan Layar Kecil dengan Densitas 1.000 ppi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Incar Pasar Display Headset VR, Sharp Pamerkan Layar Kecil dengan Densitas 1.000 ppi  

MOBITEKNO – Salah satu kemajuan teknologi layar telah dipamerkan produsen Sharp Corp. pada pameran Combined Exhibition of Advanced Technologies (CEATEC) 2016 yang berlangsung di Chiba, Jepang (4-7 Oktober 2016).

Pada pameran yang dianggap sekelas dengan ajang Consumer Electronics Show (CES) ini, Sharp menampilkan panel layar IGZO LCD resolusi tinggi (Full-HD) terbaru dengan pixel density 1.000 ppi.

Salah satu pasar yang diincar layar super tajam Sharp ini adalah display yang terdapat pada headset VR atau layar samrtwatch. Hal ini terlihat dari demo layar IGZO yang berukuran hanya 2,87 inci. Dengan kombinasi dua layar Full-HD IGZO ini, pengguna akan melihat tampilan VR resolusi total 4K dengan kedua matanya.

""

Dua tahun lalu, Sharp telah memamerkan layar IGZO LCD berukuran 4.1 inci dengan resolusi 2560×1600 pixel.

Sebagai gambaran, headset VR premium, seperti Oculus Rift memiliki display dengan densitas 461 ppi. Smarpthone Samsung Galaxy Note 7 (layar 5,7 inci), Galaxy S7 edge (layar 5,5 inci), dan galaxy S7 saat ini baru memiliki densitas berturut-turut 518 ppi, 534 ppi, dan 577 ppi.

Seperti banyak disinggung para pakar, experience yang optimal dan ideal bagi pengguna VR baru terjadi jika tampilan gambar yang dilihat pada layar headset berjalan dengan lancar (framerate tinggi) dan berkualitas tinggi (resolusi dan densitas tinggi). Faktor kedua inilah yang ingin ditawarkan Sharp yang kini dimiliki Foxconn dengan menghadirkan layar IGZO dengan densitas di atas 1.000 ppi.

 

Tags: , , ,


COMMENTS