October 4, 2016

Cetak Rekor Baru, Tesla Sukses Kirimkan Hampir 25 Ribu Unit Mobil Listriknya Selama Kuartal Ketiga 2016

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Cetak Rekor Baru, Tesla Sukses Kirimkan Hampir 25 Ribu Unit Mobil Listriknya Selama Kuartal Ketiga 2016  

MOBITEKNO – Target yang dicanangkan Tesla untuk melakukan pengiriman (shipment) 50 ribu unit kendaraan pada paruh kedua 2016 mulai terlihat. Melalui laporan resmi yang dirilis belum lama ini, Tesla melaporkan bahwa pada kuartal ketiga ini mereka mencatat peningkatan hingga 70 persen dibandingkan kuarter yang sama pada tahun lalu. Dengan tingkat peningkatan ini, Tesla sukses menghadirkan mobil listriknya hingga mencapai 24.500 unit mobil.

Pengiriman pada kuartal ketiga ini terdiri dari 15.800 unit sedan Model S dan 8.700 unit SUV Model X. Dari sisi produksi kendaraan tercatat kenaikan menjadi 25.185 unit atau tumbuh 37 persen dari produksi pada kuartal kedua yang hanya 18.345 unit. Pihak perusahaan juga mempercayai bahwa angka pada kuartal keempat nanti akan lebih baik lagi. 

“Meskipun dengan rentang waktu yang lebih sedikit akibat cuaca musim dingin selama liburan, kami berharap pengiriman dan produksi pada kuartal keempat harus sama atau lebih dengan kuartal ketiga. Target dari 50.000 kendaraan untuk paruh kedua 2016 juga tetap dipertahankan,” tulis laporan resmi Tesla mengutip dari Theverge.

Laporan Reuters menyebutkan bahwa prestasi Tesla ini tidak terlepas dari sejumlah faktor, seperti peningkatan produksi, penawaran sewa yang lebih murah, dan pemberian potongan harga pada beberapa model. Misalnya, program sewa dua tahunan dari Tesla dengan harga yang lebih rendah pada bulan Agustus lalu. 

""

Jumlah unit pengiriman global mobil Tesla Model S dan X global sejak Model S diperkenalkan ke pasar pada tahun 2012.

Tesla menawarkan harga sewa mulai US$ 593 per bulan sebagai cara untuk membantu penjualan sebelum akhir kuartal. Meski tidak memberikan informasi seberapa sukses program tersebut, perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California, AS ini mengatakan berhasil meningkatkan penjualan dan produksi pada kuartal ketiga.

Sejauh ini Tesla telah memproduksi dan menjual kendaraan pada kisaran 100 ribu unit per tahun. Ini berarti telah terjadi peningkatan 5 kali selama periode 3 tahun ini. Target yang lebih optimis pun dipatok. Tesla ingin melakukan peningkatan kapasitas yang lebih besar hingga 5 kali sehingga mampu menghasilkan 500 ribu unit kendaraan per tahun dalam tahun pertama dari produksi Model 3. Menariknya target ini harus tercapai hanya dalam jangka waktu 2 tahun.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES