September 4, 2016

Tahun Depan akan Hadir Smartphone dengan Dual Prosesor Snapdragon 830, Kamera 60 MP, dan RAM 12 GB

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tahun Depan akan Hadir Smartphone dengan Dual Prosesor Snapdragon 830, Kamera 60 MP, dan RAM 12 GB  

MOBITEKNO – Turing Robotic Industries (TRI) cukup menarik perhatian beberapa pihak setelah pada Juli 2016 lalu meluncurkan Turing Phone sebagai smartphone pertama dengan bahan khusus liquid-metal yang diklaim lebih kuat dari titanium dan besi.

Selain bahan metalnya yang unik, Turing Phone juga punya sisi unik lainnya karena dijalankan oleh Swordfish OS yang dikembangkan dari Sailfish OS (Linux based OS) untuk mewujudkan keinginan TRI membuat smartphone yang bukan hanya kokoh bodinya tapi juga kokoh dalam sistem sekuritnya.

Tidak menunggu lama, TRI kembali membuat sensasi dengan mengumumkan niatnya meluncurkan smartphone berteknologi AI (Artificial Intelligence) terintegrasi yang berguna mendukung berbagai kebutuhan komunikasi mobile bagi penggunanya. Untuk itu, TRI menjanjikan kehadiran smartphone dengan spesifikasi bombastis di tahun 2017 nanti.

Menurut Steve Chao, CEO Turing, smartphone bernama Turing Phone Cadenza ini akan diperkuat bukan hanya satu tapi dua prosesor Snapdragon 830 (MSM8998) yang didukung oleh RAM berkapistas 12 GB (2×6 GB LPDDR4) dan internal storage 1 TB.

Apabila benar-benar TRI bisa meluncurkannya sesuai jadwal (2017), Turing Phone Cadenza menjadi smartphone multi-prosesor pertama di dunia. Multi-prosesor bukanlah solusi ideal di smartphone mengingat efisiensi daya yang kurang optimal.

Meski demikian, TRI berdalih sudah mengantisipasi kebutuhan daya dari smartphone/phabet berlayar 5,8 inci (QHD, 2560 x 1440 pixel) ini dengan menyiapkan baterai 100 Wh yang didukung teknologi graphene dan hydrogen fuel cell.

Spesifikasi fantastisnya tidak berhenti sampai di sini. Sensor kamera Turing Phone Cadenza juga sudah berkualitas 60 MP (iMAX 6K Quad Rear Camera, Triplet Lens/T 1.2 inci) pada kamera utama (belakang) dan 20 MP untuk kamera depan (selfie).

Janji TRI untuk menghadirkan  Turing Phone Cadenza dengan 4 SIM card mungkin masih diragukan banyak pihak. Namun, setidaknya kita sebagai konsumen bisa sedikit mendapat gambaran, seperti apa nantinya smartphone di masa-masa mendatang.

Spesifikasi Turing Phone Cadenza:

  • Layar: 5.8 inci (2,560 x 1,440 pixels) display
  • Proseosor: Dual prosesor Qualcomm Snapdragon 830
  • Storage: RAM 12 GB RAM, internal storage 1 TB (2x256GB memory, 500 GB micro-SD card)
  • Sistem operasi: Swordfish OS dengan fitur deep learning (AI).
  • Kamera: Utama 60MP (iMAX 6K, triple lens), Kamera depan (selfie) 20MP (dual front)
  • Baterai: 100Wh dengan teknologi graphene dan hydrogen fuel cell
  • Lainya: 4 SIM card dan WiGig

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS