August 4, 2016

Project CSX: Strategi ZTE Kembangkan Mobile Device dari Ide Inovatif Publik

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Project CSX: Strategi ZTE Kembangkan Mobile Device dari Ide Inovatif Publik  

MOBITEKNO – Rencana ZTE untuk mengajak publik atau pihak luar untuk berkontribusi dalam pengembangan produk mobile device sudah pernah diutarakan mereka di ajang CES awal tahun ini. Memasuki paruh kedua 2016, rencana tersebut mulai dieksekusi setelah produsen asal Tiongkok ini mengumumkan Project CSX.

Melalui perwakilannya di AS, ZTE akan membuka thread ‘Project CSX’ di forum Z-Community dalam beberapa minggu mendatang. Siapa saja yang mempunyai ide/rekomendasi dapat langsung menyampaikannya di thread tersebut.

Setelah periode penerimaan ide/rekomendasi dari pihak luar berakhir, ZTE akan memilih ide/rekomendasi yang dianggap layak untuk kemudian dipilih berdasarkan sistem voting. Pada tahap ini, para pengunjung thread akan diberi kesempatan memilih ide/rekomendasi fitur apa yang paling mereka inginkan.

Proses pengembangan dalam Project CSX akan melalui dua tahapan dengan periode voting dan submission masing-masing. Saat ini, Project CSX masih berada di tahap rekomendasi ide yang berlangsung hingga akhir bulan

Selanjutnya, ide akan diteruskan ke tahap voting pada bulan September nanti. Adapun tahap kedua berupa konsep produk akan dimulai pada pertengahan September.

Seperti apa ide yang berpeluang diterima nantinya? Menurut ZTE, selain menarik dan inovatif, suatu ide menyangkut teknologi tertentu akan lebih berpeluang diterima jika realistis diimplementasikan tahun depan (2017) dan terjangkau bagi kebanyakan pengguna.

Terlepas dari syarat di atas, siapa saja bebas memberikan idenya jika dianggap layak diterakan untuk suatu produk, misalnya smartphone. Apabila idenya berhasil diterima dan layak diimplementasikan, ZTE akan memberikan hadiah yang belum disebutkan berapa nilainya dan berpeluang diundang pada ajang CES tahun depan.

Rencananya, pemenang Project CSX akan diumumkan pada ajang CES 2017. Sedangkan produk yang akan dikembangkan dalam kerangka Project CSX diharapkan akan bisa ditekui pasar pada tahun 2017.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS