August 4, 2016

Google Android.com Akhirnya Punya Kanal Khusus untuk Tips dan Trik

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Google Android.com Akhirnya Punya Kanal Khusus untuk Tips dan Trik  

MOBITEKNO – Entah apa alasannya Google harus menunggu lama untuk menghadirkan website yang berisi berbagai tips dan trik seputar sistem operasi mobile-nya Android. Rival mobile OS lainnya, Apple, bahkan sudah menyediakan informasi Tips & Tricks iOS 9 di website-nya Apple.com dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia (Kiat dan Trik iOS 9).

Terlepas dari seberapa mahirnya Anda dalam penguasaan Android OS, Google pun akhirnya memperkenalkan sebuah mini/micro site di Android.com yang berisi tips/kiat, trik, dan solusi masalah (troubleshooting) yang berkaitan dengan mobile OS mereka tersebut. Navigasi pada micro site ini cukup simpel karena Google menampilkannya dalam tampilan (interface) layaknya sebuah kartu ala ‘Material Design’.

Di sini, Google membaginya ke dalam delapan bagian, antara lain ‘Featured’, ‘Privacy and Security’, ‘Voice’, ‘Camera and Photo’, ‘Battery’, ‘Customization’, ‘More Apps’, dan terakhir ‘Settings’.

Bagian ‘Featured’ misalnya, akan menampilkan informasi bagi pemula, seperti cara mengganti wallpaper, mendapatkan informasi cuaca, mengakses foto, musik, streaming,atau menggunakan suara untuk bernavigasi dengan device/perangkat.

Oleh karena informasi tips dan triknya ditampilkan ala ‘Material Design’, Google sepertinya meranncangnya micro site ini agar bisa optimal diakses oleh pengguna smartphone dan tablet.

Meski sebagaian besar tips dan trik ini sudah diketahui oleh pengguna lama Android, hadirnya micro site khusus tetap diperlukan menginga Android cukup dominan di pasar mobile OS (sekitar 50 persen).

Bagi Anda yang sudah mahir pun tentu akan terbantukan karena tidak perlu memandu langsung pengguna Android pemula setiap kali ditanya mengenai cara penggunanannya.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS