July 4, 2016

Empat Fitur Canggih Ini akan Ada di Volvo S90/V90 Edisi 2017

Penulis: Desmal Andi
Empat Fitur Canggih Ini akan Ada di Volvo S90/V90 Edisi 2017  

MOBITEKNO – Volvo, perusahaan otomotif asal Swedia ini memang selalu menempatkan keselamatan penumpangdi urutan teratas. Tidak heran, sejak lama mobil-mobil keluaran Volvo selalu memiliki fitur keamanan yang baik sehingga dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman pada bagi pemiliknya. Hal ini pun terus berlanjut, seperti yang terdapat pada varian seda S90 untuk tahun produksi 2017 atau  V90 wagon yang direncanakan akan hadir di 2018.

Kedua mobil tersebut sudah direncanakan akan membawa fitur keselamatan yang canggih di dalamnya. Dengan demikian, kedua varian ini akan memiliki paket keamanan yang lengkap, seperti pada varian XC90 crossover yang akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.

Berikut empat fitur keamanan canggih yang ditawarkan Volvo pada varian S90 dan V90 sebagai fitur standar:

  1. Autonomous Driving System: Volvo S90 dan V90 tampaknya akan menjadi mobil pertama yang menerapkan autonomous driving syste sebagai fitur standar. Fitur ini dapat diaktifkan melalui sebuah tombol di bagian setir. Menariknya, tidak seperti XC90, fitur yang ada pada S90 dan V90 tidak membutuhkan panduan ‘pilot car’ lagi. Dengan sebuah kamera beresolusi tinggi, sistem akan mendeteksi marka jalan sehingga dapat mengatur kecepataan kendaraan di jalan raya. Tesla dan Mercedes juga sudah memiliki sistem ini dan bahkan bisa digunakan dengantangan tanpa harus ada di setir. Namun, Volvo menjadikan fitur ini sebagai fitur pembantu untuk mengemudi dan selalu mengusahakan agar laju kendaraan tetap pada garis marka jalan.
  2. Large Animal Detection: Volvo S90 dan V90 juga akan mengintegrasikan fitur pendeteksi objek yang melintas tiba-tiba di jalan raya. Dengan teknologi yang dimilikinya, sistem akan mendeteksi tidak hanya keberadaan objek, tetapi juga ukurannya dan kecepatan objek bergerak. Dengan demikian, sistem bisa melakukan panic braking secara halus dan menyalakan lampu hazard untuk memperingatkkan mobil di belakangnya. Fitur ini juga berguna untuk mendeteksi pedestrian dan objek berukuran besar yang melintas.
  3. Driver Alert Control: Biasanya, jika pengemudi lelah, penumpang di sampingnya yang akan memperingatkan pengemudi untuk beristirahat terlebih dahulu. Namun Volvo menggunakan cara modern. Melalui fitur Driver Alert Control yang terpasang pada setir, sistem akan mendetaksi tanda-tanda kelelahan pada pengemudi. Jika sistem mendeteksi pengemudi mengantuk, sistem akan menunjukkan tempat peristirahatan terdekat.
  4. Road Signs Recognition: Di varian S90 dan V90 akan memiliki road sign recognition dengan fungsi yang lebih lengkap sebagai fitur standar. Sistem akan mengumpulkan berbagai data dan mellakukan pemetaan untuk berbagai rambu jalan yang ada di depan kendaraannya. Dengan cara ini, sistem dapat mengatur laju kendaraan sesuai dengan rambu yang terdapat di jalan raya, seperti rambu batas kecepatan yang bisa berubah-ubah di satu rute yang panjang.
Tags: , , , , ,


COMMENTS