April 4, 2016

Toyota Bawa Mobi Kayu di Milan Design Week

Penulis: Desmal Andi
Toyota Bawa Mobi Kayu di Milan Design Week  

MOBITEKNO – Sebuah roadster berpenampilan unik akan tampil di acara Milan Design Week dari tanggal 12-17 April  2016. Mobil dari brand Toyota ini memiliki desain yang keseluruhan bodinya terbuat dari kayu. Toyota menyebut mobil ini dengan nama ‘Setsuna’.

Mobil ini dikerjakan bareng antara Toyota dan Sumitomo Forestry, perusahaan yang sudah laa berkecimpung dalam hal konstruksi kayu. Dalam mengembangkan Setsuna ini, kedua perusahaan saling bantu, terutama dalam hal pemilihan kayu yang paling baik untuk digunakan di bodi mobil.

“Ketika kami menggunakan bahan kayu sebagai material utama, kami juga memikirkan banyak hal yang bisa diintegrasikan dalam mobil untuk menambah gairah penggunanya. Kami menciptakan prototipe ini dengan mengevaluasi terlebih dahulu sehingga mobil bisa menghadirkan kinerja yang baik dan nyaman saat dikemudikan,” ujar Kenji Tsuji, teknisi yang bertanggung jawab dalam pembuatan Setsuna, seperti yang dilansir Carscoops. “Dengan menampilkan Setsuna, kami berharap mendapat berbagai masukan sehingga kam dapat lebih meningkatkan konsep yang sudah dibuat ini,” tambah Tsuji.

Yang membuat mobil ini tampil unik bukan hanya dari sisi eksterior saja, tetapi juga proses pembuatannya. Bodi mobil dikerjakan secara ‘handmade’ oleh 86 tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam teknik konstruksi kayu tradisional Jepang. Bahkan, untuk desain ini mereka juga menggunakan sistem ‘okuari’, sistem penggabungan antar bagian tanpa menggunakan bantuan paku.  Mereka juga menggunakan pengikatan khusus untuk beberapa komponen agar memberikan keamanan yang baik dari susunan bodi kayunya.

Walaupun hampir keseluruhan menggunakan bahan kayu, bahan lainnya seperti aluminium tetap digunakan. Bahan aluminium ini dapat dilihat pada desain setir, velg, dan frame pada beberapa bagian untuk memperkuat desainnya.

Sumber: Carscoops

Tags: , , ,


COMMENTS