April 4, 2016

Menjadi Nakhoda di Kapal Sendiri

Penulis: Karyo
Narenda Wicaksono
Menjadi Nakhoda di Kapal Sendiri  

MOBITEKNO – Perjalanan karir utamanya di dunia IT boleh dibilang berawal dari keikutsertaanya mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Microsoft, pada tahun 2006. Saat itu pria yang biasa disapa Naren ini, menjadi juara National Innovation Competition  Mei 2006. Kemudian ia menjadi wakil dari Microsoft Indonesia untuk mengikuti Microsoft Imagine Cup 2006 di India pada Agustus 2006.

Meski dikancah dunia saat itu belum menjadi juara, tetapi karya-karyanya dinilai sangat potensial oleh Microsoft, perusahaan IT ternama dari Negeri Paman Sam. Akhirnya, Naren pun direkrut oleh Microsoft setelah lulus kuliah dari ITB. Saat itu Naren menjadi Technical Evangelist Microsoft, mulai Mei 2007. Sejak itulah karirnya terus merangkak dengan menghasilkan berbagai produk dan mendapatkan berbagai penghargaan dari karya-karya aplikasinya. Diantara karya aplikasinya adalah  Momento  di Windows Phone, aplikasi Music Player yang pernah di-download sebanyak 5 juta kali, serta beberapa aplikasi lainnya.

Naren cukup banyak menggali pengalaman saat ia di Microsoft. Bahkan, perjalanan karirnya di Microsoft pada era 2007-2010 cukup cemerlang. Di tahun 2010, ia pindah ke Nokia. Namun, pembelian Nokia oleh Microsoft, membawa ia kembali ke Microsoft pada tahun 2014. Meski Naren berada di perusahaan multinational dan berada di tempat yang tergolong comfort zone, namun rasa nasionalisme dan kepeduliannya terhadap para developer muda Indonesia, akhirnya memutuskan untuk keluar dari zona nyaman tersebut.

Tags: , , , , ,


COMMENTS