April 4, 2016

Jawab Tuntutan Pengendara Berjiwa Petualang Sejati, Ducati Hadirkan Multistrada 1200 Enduro

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Jawab Tuntutan Pengendara Berjiwa Petualang Sejati, Ducati Hadirkan Multistrada 1200 Enduro  

MOBITEKNO – Ducati tidak mau berpuas diri setelah merilis tiga varian motornya dari keluarga Multistrada 1200 selama ini, yaitu Multistrada 1200, Multistrada 1200 S, dan Multistrada 1200 Pikes Peak.

Setelah ketiga varian Multistrada tersebut, Ducati kembali menghadirkan varian terbarunya Multistrada 1200 Enduro di Cagliari, Sardinia, Italia dengan penyempurnaan pada sisi mesin dan beberapa perubahan spesifikasi. Tujuan Ducati masih sama, yaitu menghadirkan motor multi-purpose dengan kemampuan on-road dan off-road yang handal.

Multistrada merupakan motor berdesain dan berkonsep motor touring dual-purpose yang mengusung kemampuan berkendara jarak jauh, memiliki banyak fitur, dan berdesain khas Ducati yang stylish dan agresif.

Ducati Multistrada 1200 Enduro dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan segmen motor Adventure yang senang berpergian tanpa harus terkendala jarak dan konsidi keadaan jalanan (globetrotter). Selain itu, pengendara motor yang suka traveling jarak jauh atau touring berdua atau membawa barang bawaan banyak juga menjadi target motor tersebut.

Fokus pada touring jarak jauh terlihat pada kapasitas tangkinya yang besar (30 liter) tapi tetap ramping khas ducati. Dengan mesin Ducati Testastretta DVT L-Twin silinder, Multistrada 1200 Enduro menyediakan tenaga maksimum 160 HP/9500 RPM dan torsi maksimum 136 Nm (13.9 kgm)/7,500 RPM.

Ducati multistrada 1200 Enduro juga masih menyediakan fitur-fitur yang sama dengan varian Multistrada sebelumnya, seperti riding mode, Full-TFT instrument panel Ducati safety pack (DSP), Ducati Traction control (DTC), Ducati wheelie control (DWC), Ducati multimedia system (DMS), dan Cruise control.

Sesuai dengan peruntukkannya sebagai motor multi-purpose, Ducati Multistrada 1200 Enduro menyediakan dua pilihan ban, yaitu ban Pirelli scorpion trail untuk on-road dan Pirelli scorpion rally untuk off-road. Selain itu, dengan travel suspensi 200 mm (lebih tinggi 30 mm dari Multistrada lainnya), jarak ground clearance 205 mm (lebih tinggi 31mm dari Multistrada lain), dan adanya skid plate pelindung mesin saat di rintangan berat semakin menunjukkannya siap sebagai motor offroad.

Riding position juga sudah dirancang untuk memberikan kenyamanan saat melalui jalur off-road dengan posisi handlebar yang tinggi sehingga lebih mudah diajak bermanuver.

Kestabilan bagi pengendara didukung oleh adanya wheelbase yang lebih panjang dibandingkan Multistrada lainnya. Selain itu, penggunaan velg 19 inci (roda depan) dan velg 17 inci (roda belakang) menjadikan motor ini cocok bagi para adventure sejati.

Federico Valentini, Project Manager, Ducati Motor Holding, mengungkapkan, "Saya yakin motor ini akan laris di seluruh dunia karena menyediakan kenyamanan berkendara dan fitur-fitur baru yang berbeda dibandingkan motor adventure lainnya.”

Design ramping, nyaman, handling yang baik, dan dukungan aplikasi Ducati Skyhook Suspension Evo dan riding position yang sempurna baik dalam berkendara off-road dan on-road sangat senada dengan sebutannya sebagai motor dengan "All-terain ability".

Nada optimis juga disampaikan Dhani Yahya, Managing Director, Ducati Indonesia, “Kami yakin, Multistrada 1200 Enduro akan menjadi adventure motorcycle terbaik dikelasnya, berkat fitur terbaru dan berpegang teguh terhadap brand equity yang selama ini dipegang oleh brand Ducati yaitu; Style, Sophistication, & Performance”.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS