February 4, 2016

Pilih Smartphone Sony Xperia ataukah Windows Phone VAIO?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pilih Smartphone Sony Xperia ataukah Windows Phone VAIO?  

MOBITEKNO – Dua tahun lalu, Sony Corporation telah melepas kepemilikan divisi PC-nya VAIO ke Japan Industrial Partners agar lebih fokus ke bisnis mereka lainnya. Dua tahun kemudian, tahun ini, VAIO kembali masuk ke bisnis smartphone yang sengit dengan menghadirkan smartphone terbarunya, VAIO Phone Biz.

Bagi yang kurang puas dengan produk smartphone Sony selama ini, mungkin berharap ‘sentuhan’ teknologi Sony masih bisa diasakan pada smartphone VAIO Phone Biz. Sayangnya, VAIO tidak berniat menjadikan Phone Biz untuk bersaing langsung dengan smartphone Sony dan produk Android dari merek lainnya.

Pasalnya, VAIO Phone Biz akan berbasis Windows 10 Mobile seperti halnya Microsfot Lumia 950/950 XL, Acer Jade Primo, atau smartphone dari OEM lainnya yang kurang akrab di telinga, seperti NuAns, FREETEL, dan lain-lain.

Hingga kini, pangsa pasar smarthone berbasis Wndows masih bergulat untuk menarik konsumen yang selama ini lebih memilih smartphone Android dan iPhone.

VAIO Phone Biz yang berlayar Full-HD 5,5 inci ini akan dierkuat chipset Qualcomm Snapdragon 617 (8 core ARM Cortex-A53. GPU Adreno 405), RAM 3 GB, dan internal storage 16 GB, dan dukungan microSD card.

Berbeda dengan produk Sony Xperia, smartphone VAIO Phone Biz lebih ditujukan untuk penggunaan bisnis karena sudah menyediakan aplikasi Microsoft Office Mobile, SharePoint, Exchange, dan layanan Skype for Business services.

Selain itu, pengguna VAIO Phone Biz juga telah dapat memanfaatkan berbagai layanan Microsoft lainnya, seperti OneDrive dan cloud Azure. Tidak ketinggalan adalah dukungan terhadap fitur unggulan Windows 10 mobile, yaitu Microsoft Continuum.

Kombinasi fitur Continuum dan MS Universal App menjadikan smartphone bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi di mana saja tanpa memandang perangkatnya, apakah itu PC/notebook, tablet, convertible, atau smartphpone.

Rencananya, VAIO baru akan merilisnya di Jepang bukan April ini dengan harga berkisar US$ 424. VAIO Phone Biz akan hadir dalam dua versi, yaitu versi standar dan versi tanpa SIM (SIM–free).

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS