January 4, 2016

Review Lenovo Vibe P1m: Baterai Jumbo Plus Dukungan Tombol Khusus

Penulis: Eko Lannueardy
Review Lenovo Vibe P1m: Baterai Jumbo Plus Dukungan Tombol Khusus  

MOBITEKNO –¬†Pada tahun 2015 lalu, Lenovo, produsen smartphone asal Tiongkok menghadirkan banyak produk. Salah satu produk yang banyak menarik perhatian konsumennya di banyak negara, termasuk Indonesia adalah Lenovo Vibe P1m. Tak hanya memiliki desain premium, smartphone ini diklaim oleh Lenovo juga memiliki performa yang sangat baik dikelasnya.

Satu hal yang menarik perhatian Mobitekno.com terhadap smartphone ini adalah dukungan kapasitas baterai yang dibenamkan, yakni 3900 mAh. Baterai yang disematkan juga mengusung konsep unibody sehingga tak bisa dilepas dari tempatnya. Bahkan, di sisi body-nya, Lenovo menempatkan tombol khusus yang berfungsi sebagi Power Saver untuk menghemat penggunaan baterai.

Apakah hanya itu keunggulannya dan Anda penasaran dengan kinerjanya? Mobitekno.com berkesempatan untuk menjajal Lenovo Vibe P1m secara penuh. Tak hanya sekadar mencari tahu dukungan prosesor yang disematkan, kami juga mencoba kemampuan dua kamera yang ada untuk memotret beragam objek dan menguji dukungan layarnya.

Berikut ulasannya untuk Anda!

Kelengkapan

Dibanderol seharga Rp 2 jutaan, apa saja yang di dapat pengguna jika membeli Vibe P1m? Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone Lenovo pada umumnya, Vibe P1m dikemas dalam sebuah kemasan dengan perpaduan warna hitam pada penutupnya dan biru muda di kotak dalamnya. Label dengan tulisan “VIBE” juga terlihat sangat jelas pada kota penutupnya.

Tak hanya itu, ada juga label yang menjelaskan bahwa di dalam paket kemasan Lenovo Vibe P1m terdapat Back Cover/Softcase dan Screen Protector. Tentu saja, Mobitekno.com menilai bahwa keduanya bisa menjadi nilai tambah yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk melindungi Lenovo Vibe P1m, terutama meminimalisir lecet pada sisi belakang dan layar smartphone ini.

Selanjutnya, kami buka segel plastik yang melindungi paket untuk membuka dan melihat apa saja yang disediakan Lenovo dalam paket Vibe P1m ini. Hasilnya, dalam paket tersebut terdapat:

1. Unit Lenovo Vibe P1m.
2. Adapter untuk koneksi ke sumber listrik.
3. Kabel USB untuk koneksi data dari PC/Notebook ke smartphone atau untuk proses charge.
4. Earphone untuk mendengarkan musik atau berkomunikasi.
5. Quick Start Guid & Garansi (Manual Book)
6. Back Cover/Softcase
7. Screen Protector

Desain

Menyasar pengguna kelas menengah, Lenovo merancang Vibe P1m dengan desain premium terbuat dari alumunium alloy unibody. Dimensinya sendiri memiliki ukuran 141 x 71,8 mm dengan ketebalan 9,3 mm. Sedangkan beratnya hanya sekitar 148 gram sehingga masih nyaman saat digenggam atau ditempatkan di saku celana.

Lenovo sendiri mengembangkan Vibe P1m dengan bentang layar 5 inci yang memiliki resolusi 720 x 1280 piksel. Sedangkan kerapatan layarnya hingga 294 ppi. Masih terkait dengan layar Vibe P1m, Lenovo juga sudah mengadopsi dukungan IPS kapasitif touchscreen dan multitouch hingga lima jari.

Menyusuri body-nya, produsen smartphone asal Tiongkok ini meletakkan seluruh tombol pengoperasian tak berbeda dengan kebanyakan smartphone pada umumnya. Inovasi yang cukup menarik, Lenovo telah menempatkan sebuah tombol khusus di sisi kiri smartphone yang berfungsi sebagai Power Saver. Penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal menggeser ke atas untuk mengaktifkannya.

Sedangkan tombol Volume dan Power (On/Off) bisa Anda temukan di sisi kanan smartphone dan sedikit menonjol keluar sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pengoperasian. Lenovo juga mempercantik kedua tombol tersebut dengan sentuhan warna perak. Port Jack Audio 3,5 mm dan microUSB diletakkan berdampingan di sisi atas smartphone.

Untuk di sisi bagian bawah smartphone, Lenovo juga menempatkan dukungan dua speaker yang dapat diandalkan oleh pengguna untuk mendengarkan musik yang sedang diputar. Walaupun mengusung unobody, penempatan slot Sim Card (Dual Sim Card) dan microSD diletakkan tak jauh dari baterai. Untuk menemukan kedua slot tersebut, Anda tinggal membuka cover belakang smartphone.

Beralih di sekitar layar, pengguna bisa menemukan dukungan kamera depan dengan resolusi 5 MP yang cocok dimanfaatkan untuk foto diri sendiri alias selfie. Selain kamera depan, Lenovo juga membekali Vibe P1m Livo dengan speaker yang berfungsi untuk mendengarkan percakapan saat bertelepon serta LED notifikasi dan sensor.

Di sisi bagian belakang (back Cover), Lenovo telah membekali Vibe P1m dengan kamera utama berkekuatan 8 MP plus sebuah LED flash light yang ditopang dengan feature Auto Focus. Lapisan nano coating juga disematkan di smartphone ini. Dengan demikian, Vibe P1m diklaim anti percikan air atau tetesan hujan.

Fitur & Performa

Berbasiskan Android 5.1 alias Lollipop, antar muka Vibe P1m juga tak berbeda jauh dengan kebanyakan smartphone Lenovo lainnya. Ada enam opsi Themes yang disediakan untuk pengguna, yakni Neon, Pulse, Colorful, Simple, Mirage dan Sunny. Untuk menemukan keenam Themes tersebut, Anda bisa mengakses tombol Menu, lalu tap opsi Theme.

Tak hanya menyajikan pilihan Themes yang beragam, Lenovo juga menghadirkan beragam pilihan Wallpaper. Di sana, Anda pun bisa mengatur konfigurasi Screen Manager, Desktop Setting atau melalui opsi Setting untuk mengatur lebih banyak hal. Lenovo juga tak menyediakan Drawer Apps. Jika Lockscreen sudah terbuka, pengguna bisa langsung masuk ke Homescreen

Pada layar Homescreen, pengguna bisa menemukan seluruh aplikasi serta widget yang terpasang. Jika pengguna menyapu tepian layar atas Homescreen, pengguna juga bisa melihat berbagai notifikasi yang masuk dan mengakses Quick Setup alias pengaturan cepat. Cukup beragam pilihan Quick Setup yang disediakan oleh Lenovo ke dalam smartphone ini, mulai dari pengaturan Wireless LAN hingga Sim Card.

Menyinggung dukungan aplikasi yang disematkan, Lenovo masih membekali Vibe P1m dengan SYNcit dan SHAREit. Aplikasi SYNit dapat dimanfaatkan pengguna untuk backup dan juga memulihkan daftar kontak. Sedangkan SHAREit dapat dimanfaatkan untuk berbagi file atau data antar perangkat dengan lebih cepat dan bebas biaya.

Aplikasi lainnya yang dapat pengguna temukan adalah Guvera Music, Babe, NoteBook, WPS Office dan tentunya beberapa aplikasi pendukung dari Google, seperti GMail, Google+, Drive, Hangouts, Maps dan sebagainya. Jika aplikasi-aplikasi yang ada belum mencukupi, pengguna juga bisa mengunduhnya lewat layanan Play Store.

Sebelum lebih dalam mengetahui performa Lenovo Vibe P1m, ada baiknya kita cari tahu spesifikasi hardware yang dibenamkan. Lenovo Vibe P1m dirancang oleh Lenovo sebagai smartphone kelas menengah yang dibekali chipset MediaTek MT6735P berpadu dengan quad core 1,0 GHz Cortex-A53.

Tak hanya itu, smartphone ini juga ditopang dengan kekuatan RAM sebesar 2 GB dan internal storage dengan kapasitas 16 GB. Menariknya, pengguna masih bisa memperluas kapasitas penyimpanan data yang dimilikinya via slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 32 GB. Untuk grafisnya, Lenovo membekali Vibe P1m dengan GPU Mali-T720.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Lenovo membekali smartphone ini dengan baterai Lithium Polymer (Li-Po) berkapasitas 3900 mAh. Dipadukan dengan fitur “charging on the go”, kapasitas baterai sebesar itu juga bisa dimanfaatkan sebagai powerbank untuk perangkat lainnya. Benar-benar menarik!

Melihat spesifikasi hardware yang dibenamkan, tentu saja kita semua penasaran dengan kinerja smartphone ini. Seperti biasa, Mobitekno.com melakukan proses pengujian menggunakan lima tools benchmarking, yaitu AnTuTu Benchmark 5.7.1, 3DMark, PCMark, Geekbench 3 dan GFXBench GL Benchmark 3.1.

Berikut ini hasil-hasil pengujiannya:

Kamera

Lenovo membekali Vibe P1m dengan kamera belakang atau utama 8 MP plus sebuah LED flash light. Tak hanya itu, Lenovo juga melengkapi kamera ini dengan dukungan Auto Focus. Sayangnya, kamera utama yang disematkan hanya mampu mendukung video recording dengan kualitas HD atau 720p (1280 x 720).

Sedangkan kamera sekunder yang terletak di bagian depan, Lenovo membekalinya dengan sensor berkekuatan 5 MP. Tak perlu khawatir jika Anda ingin memanfaatkan kamera depan tersebut untuk keperluan foto diri sendiri alias selfie. Sayangnya, di sini Lenovo tak menghadirkan fitur Beautify untuk memoles wajah agar terlihat lebih cantik.

Lalu, bagaimana hasil pemotretan, baik menggunakan kamera utama atau kamera depan? Memotret sebuah objek di luar ruangan, foto yang dihasilkan terbilang bagus untuk smartphone di kelasnya. Begitu juga saat menggunakan kamera depan untuk foto selfie, hasilnya tak begitu mengecewakan.

Hasil pemotretan menggunakan Lenovo Vibe P1m:

Spesifikasi

Ukuran Layar 5 inci
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Prosesor MediaTek MT6735 Quad Core 1,0 GHz
Kartu Grafis Mali-T720
Kamera 8 MP (Belakang) dan 5 MP (Depan)
RAM 2 GB
Penyimpanan Internal 16 GB + Slot microSD (up to 32 GB)
Jaringan GSM/HSPA/LTE
Kartu Sim Dual Sim Card
Komunikasi Wi-Fi 802.11/b/gn, Hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, USB On-the-Go
Baterai 3900 mAh

 

Kesimpulan

Lenovo di tahun 2015 lalu terus memperkaya lini produknya, termasuk di industri smartphone. Salah satu smartphone yang turut dipasarkan di Indonesia adalah Vibe P1m. Masuk kelas menengah, P1m hadir dengan dukungan baterai yang terbilang besar, yakni 3900 mAh. Bahkan, lewat fitur “charging on the go”, pengguna bisa memanfaatkan kapasitas baterai besar tersebut sebagai powerbank.

Inovasi lainnya yang tak kalah menarik, Lenovo telah menyematkan tombol khusus yang berfungsi sebagi Power Saver untuk menghemat penggunaan baterai. Cara menggunakan tombol ini cukup mudah! Pengguna tinggal menggeser ke atas untuk mengaktifkannya. Secara otomatis, fitur tersebut akan aktif dan memperlihatkan waktu pakai baterai tersebut serta aplikasi yang bisa dijalankan.

Berbicara spesifikasi yang dibenamkan, dukungan RAM sebesar 2 GB tentu saja menjadikan smartphone ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari berselancar di internet atau memutar film favorit. Untuk bermain game? Tak perlu khawatir, pasalnya smartphone ini masih terbilang ideal untuk menjalankan sejumlah game yang sering dimainkan oleh banyak orang.

Dalam paket penjualannya, Lenovo juga memberikan Softcase dan Screen Protector. Tentu saja, ini menjadi sebuah nilai tambah untuk konsumen. Lenovo Vibe P1m dapat terpotreksi secara masikmal, terutama meminimalisir lecet pada sisi belakang dan layar smartphone tersebut.

Smartphone ini juga dilapisi dengan Nano Coating (Nano Technology) dari P2i. Berkat teknologi tersebut, Vibe P1m diklaim anti percikan air atau tetesan hujan. Jika Anda tertarik untuk meminangnya, smartphone ini juga ditawarkan dengan harga terjangkau, yakni hanya Rp 2,1 juta.

Tags: , , , , ,


COMMENTS