October 3, 2016

RTI International Jalin Kerjasama Revolusi Data untuk Pembangunan dengan Dua Kabupaten

Penulis: Eko Lannueardy
RTI International Jalin Kerjasama Revolusi Data untuk Pembangunan dengan Dua Kabupaten  

MOBITEKNO – RTI International, salah satu lembaga penelitian nirlaba terbesar di dunia belum lama ini mengumumkan kerjasama Penerapan Revolusi Data untuk Pembangunan (Data Revolution for Development/DRD) bersama Bupati Kabupaten Sragen dan Serdang Bedagai yang disaksikan oleh Pemerintah Pusat yang diwakili oleh Dr. Yanuar Nugroho Ph.D dari Kantor Staf Presiden.
 
Kolaborasi antara RTI International serta pemerintah baik pusat dan daerah ini merupakan langkah awal dari komitmen semua pihak dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, pendidikan, serta kualitas hidup masyarakat Indonesia. Sebagai perwujudan gerakan DRD di bidang pendidikan, RTI akan mengembangkan purwa rupa yang menyelaraskan pemanfaatan berbagai bentuk data dari beragam sumber secara terpadu dan pada akhirnya memberi dampak perubahan yang nyata. 
 
Setelah ini, RTI International akan memainkan peranannya sebagai penasihat teknis dalam mengimplementasi konsep DRD ini di bidang pendidikan sebagai bentuk dukungan terhadap pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia yang dimulai dari dua Kabupaten terpilih yaitu Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, dan Serdang Bedagai, Sumatera Utara.
 
“Kami merasa bangga dapat bekerjasama dengan para Bupati serta Pemerintah Kabupaten Sragen dan Serdang Bedagai dalam program ini. Kami percaya dan optimis Bupati Yuni, Bupati Soekirman dan Yanuar Nugroho akan terus melanjutkan komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik melalui pengambilan keputusan yang berbasis analisis data terutama saat ini untuk sektor pendidikan,” ujar Luis Crouch, Chief Technical Officer, International Development Group, RTI International.
 
Pada kesempatan yang sama, Dr. Yanuar Nugroho Ph.D, selaku Deputi II Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis, Kantor Staf Presiden RI menyambut baik inisiatif dan komitmen RTI dalam mengembangkan prototipe berbasis data yang mampu membantu pemerintah dalam proses pengambilan keputusan serta meningkatkan pelayanan publik yang lebih tepat waktu dan efektif. 

“Pentingnya pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan berbasis data tidak hanya relevan bagi pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah. Selain itu, peran pemerintah daerah justru menjadi amat penting dalam memastikan akurasi data di tingkat pusat. Data yang akurat dan handal bagi pembuatan kebijakan di tingkat pusat, yang kebanyakan adalah agregat dari data daerah, hanya bisa didapat jika data dari daerah tersebut juga akurat,” paparnya. 
 
RTI International menyadari bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dalam percepatan pembangunan, pengentasan kemiskinan dan pemerataan pendidikan melalui pemanfaatan revolusi data. Oleh karenanya, RTI International terus mengumpulkan para ahli, praktisi, dan pembuat kebijakan terkemuka untuk menawarkan wawasan mengenai bagaimana data dapat membantu percepatan pembangunan Indonesia, inovasi DRD terbaru, serta langkah-langkah selanjutnya.

 

Tags: , , ,


COMMENTS