October 3, 2016

Review Keyboard Logitech K380: Mungil dan Nyaman Digunakan

Penulis: Maulana
Review Keyboard Logitech K380: Mungil dan Nyaman Digunakan  

MOBITEKNO – Mobilitas yang tinggi terkadang menuntut seseorang untuk bisa bekerja dimana pun dan kapan pun. Oleh karenanya, tak heran kini sudah mulai banyak orang yang beralih untuk menggunakan tablet bahkan smartphone untuk bekerja. Seiring dengan hal tersebut, keyboard dengan konektivitas bluetooth yang bisa terhubung dengan gadget pun menjamur di pasaran.

Sayangnya, tak banyak produsen yang bisa merancang keyboard bluetooth dengan ergonomi yang baik pada dimensi papan ketik yang mungil. Namun hal ini tak terjadi pada Logitech K380. Walaupun dimensi totalnya hanya 124 x 279 x 16 mm, produsen aksesoris komputer asal Swiss ini berhasil membuat tuts keyboard tersebut terasa nyaman digunakan untuk mengetik.

Tak cuma nyaman, Logitech K380 juga punya fitur menarik seperti dukungan terhadap berbagai sistem operasi, bisa terkoneksi dengan tiga perangkat sekaligus, dan tombol-tombol khusus untuk menunjang produktivitas. Berikut review Logitech K380 selengkapnya.

Kelengkapan

Tak ada yang istimewa dari paket penjualannya. Pada saat Mobitekno membuka kardus keyboard Logitech K380, sekilas hanya ada unit produknya saja. Namun ternyata, sudah ada dua buah baterai AAA yang sudah terpasang pada perangkat tersebut. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi repot-repot untuk membeli baterai agar keyboard bisa beroperasi.

Berikut paket penjualan keyboard Logitech K380:

  1. Unit keyboard Logitech K380
  2. 2 x Baterai AAA
  3. Warranty Information

Desain

Logitech terbilang cukup cerdas untuk memanfaatkan papan ketik yang hanya berukuran 124 x 279 mm. Pasalnya, dengan ruang yang pas-pasan, letak berbagai tombol masih bisa dijangkau jemari tangan dengan mudah. Hal ini cukup penting, terutama untuk Anda yang sering menggunakan tombol kombinasi untuk mengakses fungsi tertentu.

-Fotodetail1–

Di sisi lain, desain rounded pada tuts dengan ukuran yang agak lebar cukup membantu untuk mengurangi typo saat mengetik. Hanya saja, perlu sedikit penyesuaian saat pertama kali menggunakannya, terlebih bagi Anda yang biasa menggunakan full size keyboard. Ini dikarenakan layout tuts pada Logitech K380 sedikit lebih rapat dan padat jika dibandingkan dengan keyboard konvensional.

Sebagai keyboard yang dirancang untuk berbagai platform, Logitech K380 datang dengan tombol multimedia yang cukup lengkap. Mulai dari volume up, volume down, mute, play/pause, next track, dan previous track. Bahkan, beberapa tombol navigasi yang biasa dijumpai pada perangkat Android, seperti Back, Home, dan Menu juga ada.

Meski diklaim bisa bertahan selama 2 tahun hanya dengan mengandalkan dua buah baterai AAA, Logitech tak lupa untuk menyematkan sebuah switch on/off pada sisi samping keyboard. Dengan begitu, Anda bisa menonaktifkannya saat perangkat tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Fitur

Berbekal konektivitas bluetooth 3.0, Logitech K380 bisa digunakan pada jangkauan hingga 10 meter. Kompatibilitasnya juga terbilang cukup baik. Hampir semua sistem operasi bisa kompatibel dengan perangkat ini, seperti Microsoft Windows 7 atau di atasnya, Mac OS 10.10 atau di atasnya, Android 3.2 dan di atasnya, iOS versi 5 atau di atasnya, serta Apple TV generasi kedua atau di atasnya.


Walaupun mendukung berbagai macam sistem operasi, Anda tak perlu repot-repot untuk menginstall driver maupun aplikasi khusus untuk bisa menggunakannya pada berbagai platform yang berbeda. Sebab, Logitech K380 sudah terdeteksi sebagai perangkat berjenis keyboard secara native pada berbagai sistem operasi.

Penggunaannya tergolong cukup mudah. Saat pertama kali digunakan, Anda hanya perlu melakukan pairing dengan menekan tombol bluetooth selama 3 detik. Setelah itu, lampu indikator akan berkedap-kedip menandakan bahwa proses pairing sedang berlangsung.


Menariknya, keyboard ini bisa langsung terhubung dengan tiga buah perangkat sekaligus namun secara bergantian, tergantung profile mana yang sedang aktif. Untuk mendukung fitur ini, Logitech sengaja menyematkan tiga buah tombol Bluetooth yang berwarna kuning pada sisi atasnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot melakukan pairing ketika ingin menggunakan keyboard pada perangkat yang berbeda. Cukup tekan tombol bluetooth 1, 2, atau 3, maka keyboard akan langsung terhubung dengan perangkat yang sudah dipairing sebelumnya. Fitur ini bisa Anda manfaatkan jika memiliki lebih dari satu perangkat.

Spesifikasi

Kemudahan, praktis, dan fleksibel memang menjadi andalan dari keyboard ini. Bobotnya yang cukup ringan juga membuat keyboard dapat dibawa kemanapun Anda pergi tanpa harus terlalu repot. Namun, tidak hanya sisi bobot dan dimensi yang membuat keyboard ini begitu nyaman digunakan. Spesifikasi yang hadir di dalamnya juga turut menyumbang kenyamanan penggunaan. Berikut spesifikasi detail dari keyboard Logitech K380:

Dimensi 124 x 279 x 16 mm
Bobot 423 gram
Tipe Koneksi Bluetooth 3.0
Jangkauan 10 meter
Kompatibilitas Windows 7, Windows 8, Windows 10, MacOS 10.10 atau di atasnya, Android 3.2 atau di atasnya, iOS atau di atasnya, Apple TV 2nd atau 3rd gen

 

Kesimpulan

Dengan ukuran yang minimalis dan bobot yang ringan (423 gram), Logitech K380 bisa dijadikan solusi alternatif bagi Anda yang kurang nyaman dengan keyboard virtual saat bekerja dengan menggunakan gadget seperti smartphone dan tablet.

Dukungan terhadap berbagai sistem operasi dan adanya tiga buah profile bluetooth juga membuat perangkat ini cocok untuk Anda yang memiliki banyak gadget dengan berbagai sistem operasi. Pasalnya, tak cuma perangkat Android, tetapi juga perangkat buatan Apple seperti iPad, iPhone, MacBook, dan iMac juga kompatibel dengan Logitech K380, termasuk laptop dan PC yang menggunakan sistem operasi Windows.

Daya tahan baterai yang bisa mencapai 2 tahun juga menjadi nilai tambah tersendiri. Ini membuat Anda tak perlu sering-sering untuk mengganti baterai baru secara periodik.

Tags: , , , ,


COMMENTS