October 3, 2016

Kaizen Goes To School: Cara Toyota Tingkatkan SDM di Dunia Pendidikan

Penulis: Desmal Andi
Kaizen Goes To School: Cara Toyota Tingkatkan SDM di Dunia Pendidikan  

MOBITEKNO – Semangat Let’s Go Beyond dan Toyota Berbagai tidak hanya berlaku untuk lingkungan perusahaan saja, tetapi juga untuk lingkungan masyarakat di sekitarnya. Hal inilah yang melatarbelakangi adanya aktivitas Kaizen Go To School dari PT Toyota Astra Motor. PT TAM ingin peningkatan kualitas SDM terus dilakukan baik untuk internal maupun eksternal secara berkelanjutan (Kaizen) melalui metode practical problem solving.

Program Kaizen Goes To School ini merupakan salah satu program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan melalui Quality Control Circle (QCC). Di level internal perusahaan, program ini berjalan sukses dan selalu diterapkan oleh Toyota untuk menciptakan rasa kemandirian dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Melihat suksesnya program tersebut, budaya Toyota ini pun dibawa ke luar agar bisa ditularkan ke masyarakat luar, seperti ke sekolah-sekolah. Tujuannya, untuk merangsang para siswa dan guru agar bisa menjadi lebih sadar terhadap problematika yang ada di sekitarnya. Misalnya, masalah keterlambatan mengumpulkan pekerjaan rumah, mengurangi jumlah siswa yang remedial, berhemat air, kertas, dan listrik, hingga mengurangi limbah plastik di sekitar sekolah.

 Program ini pertama dijalankan pada tahun 2013 dengan mengajak SMK Al Muslim Tambun, Bekasi melakukan kegiatan transfer nilai-nilai Kaizen ke dunia pendidikan, melalui Laboratorium Kaizzen di SMK tersebut. Hasilnya, selama tiga tahun berjalan, TAM banyak melakukan soft skill training dan pendampingan bagi guru yang bertugas untuk mengajarkan nilai Kaizen kepada siswa.

Oleh sebab itu, berkaca dari pengalaman dengan SMK Al Muslim ini, pada akhie September 2016 kemarin, PT TAM melanjutkan program ini dengan melibatkan 20 SMK lainnya di wilayah Bekasi, Jawa Barat. DI tanggal 29 September 2016, perwakilan PT TAM dan 20 SMK menandatangani Nota Kesepahaman program Kaizen Goes To School. Acara ini pun disaksikan langsung oleh Bupati bekasi, Neneng Hasanah Yasin.

“Sebagai perusahaan yang berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia, salah satu program andalan Toyota adalah pelaksanaan QCC (Qualit Conrol Circle) yang diyakini mampu menjadi wahana dalam menciptakan pribadi yang berjiwa inovatif, sehingga mampu bersaing di era persaingan regional maupun global,” kata Darmawan Widjaja, Dorektur PT Toyota Astra Motor. ““Toyota memiliki cara tersendiri dalam berkontribusi untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, dengan membangun kemampuan dan kemandirian menyelesaikan masalah, karena format yang tepat untuk membangun generasi muda ini menjadi kunci penting dalam melakukan perbaikan,” lanjut Darmawan.

""

Ke-20 SMK yang ikut program Kaizen Goes To School ini adalah SMKN 1 Cikarang Pusat, SMKN 1 Cikarang Utara, SMKN 1 Cikarang Barat, SMKN 2 Cikarang Barat, SMKN 1 Cikarang Selatan, SMKN 1 Cibarusah, SMKN 1 Pebayuran, SMK Nurul Qolbi, SMK Azzahiriyah, SMK Al Amin Cikarang Utara, SMK Al Amin Cibarusah, SMK Bina Mitra, SMK Puja Bangsa, SMK Bina Prestasi, SMK Mitra Industri, SMK Bina Talenta, SMK 11 Maret, SMK Laboratorium Global, SMK Tunas Teknologi, serta SMK Yapin 02.

Tags: , , ,


COMMENTS