October 3, 2016

Bikin Bus Lebih Awas, Volvo akan Terapkan Sensor Pedestrian dan Pengendara Sepeda

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Bikin Bus Lebih Awas, Volvo akan Terapkan Sensor Pedestrian dan Pengendara Sepeda  

MOBITEKNO – Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia PBB atau WHO (World Health, setidaknya sekitara 1,25 juta orang meninggal dalam kecelakaan lau lintas setiap tahunnya. Korban kecelakaan fatal umumny aberada di usia antara 15 hingga 39 tahun.

Yang memprihatinkan, 90 persen kecelakaan fatal di jalan raya ini terjadi di negara yang pendapatan per kapitanya rendah atau menengah. Padahal negara-negara tersebut hanya mewakili separuh jumlah kendaraan yang ada di dunia.

Data pun berbicara bahwa separuh korban meninggal adalah para pejalan kaki (pedestrian) dan pengendara sepeda. Apabila tidak ada langkah siginifikan yang diambil, WHO pun memprediksi angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas akan menjadi penyebab kematian terbesar ke-7 pada tahun 2030 nanti.

Salah satu pihak yang merespons imbauan WHO ini adalah produsen truk dan bus asal Swedia, Volvo (AB Volvo). Rencananya, Volvo akan memperkenalkan sistem pendeteksi pedestrian dan pengendara sepeda pada pada bus-bus buatannya yang mulai dioperasikan pada tahun 2017.

Menurut Peter Danielsson, Director Vehicle Features & Safety Volvo Buses, “Insiden kecelakaan yang melibatkan bus dan pengguna jalan yang kurang terproteksi biasanya jarang terjadi. Namun, jika terjadi fatal akibatnya.”

“Dalam rangka meminimalisir risiko, penting bagi pengendara dan siapa saja yang sedang bergerak di area sekitar bus, seperti di halte dan penyeberangan jalan untuk selalu menjaga waspadaannya,” tambahnya.

Volvo meyakini, hadirnya Pedestrian & Cyclist Detection System bisa mendukungan tercapai level keselamatan bagi bus dan orang yang berada di sekitar jalanan. Sistem ini secara kontinyu memantau area sekitar yang sedang dilalui oleh bus menggunakan kamera.

Ketika sistem ini mendeteksi pedestrian atau pengendara sepeda di dekat bus, alarm akan dibunyikan untuk memperingatkan orang yang ada di sekitar. Pada asaat yang sama, pengendara bus juga akan diberi sinya indikator di dalam kendaraan. Apabila adanya potensi terjadi kecelakaan, klakson bus pun akan dibunyikan.

Pedestrian & Cyclist Detection System terdiri dari kamera, image-processing system, dan algoritma untuk mendeteksi pedestrian dan pengendara sepeda. Pihak Volvo juga mengklaim sistem ini juga telah sesuai dengan batas ambang minimum tingkat kebisingan (noise level) yang diberlakukan untuk kendaraan listrik di negara Eropa pada 2019 nanti.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS