August 3, 2016

Galaxy Note 7 Jadi Smartphone Pertama Gunakan Proteksi Layar Gorilla Glass 5

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Galaxy Note 7 Jadi Smartphone Pertama Gunakan Proteksi Layar Gorilla Glass 5  

MOBITEKNO – Kurang lebih seminggu lalu, produsen material kaca dan keramik Corning telah mengumumkan lapisan proteksi layar smartphone/gadget terbaru Gorilla Glass 5. (baca juga: ‘Jatuh dari Ketinggian 1,6 m? Dengan Gorilla Glass 5, Corning Janjikan Layar Smartphone Tidak Pecah‘).

Kini, setelah peluncurkan Galaxy Note 7 di ajang Unpacked 2016 di New York City, AS (2/8/2016), terjawab sudah rumor yang beredar selama ini yang menyebukan bahwa smartphone/phablet Samsung terbaru berlayar dual-edge Super AMOLED 5,7 inci ini menjadi smartphone pertama di dunia yang diproteksi teknologi Gorilla Glass 5.

Saat mengumumkan produknya di ajang Unpacked 2016, Samsung memberikan konfirmasi bahwa Gorilla Glass 5 akan menjadi lapisan proteksi pada Galaxy Note 7 saat hadir di pasar mulai 19 Agustus nanti.

Ini berarti, Samsung start lebih awal ketimbang rivalnya, Apple, yang juga dikabarkan akan menggunakan layar Gorilla Glass 5 pada iPhone 7 yang rencananya diluncurkan September nanti.

Menurut Corning, berdasarkan uji lab-nya, pelindung layar Gorilla Glass 5 diklaim memiliki tingkat ketahanan lebih baik dari Gorilla Glass 4. Smartphone dengan Gorilla Glass 5 berpeluang tidak pecah hingga 80 persen jika terjatuh dari ketinggian 1,6 meter.

Ketahanan layar Gorilla Glass 5 bahkan dijamin Corning meski smartphone terjatuh dengan posisi layar menghadap ke permukaan kasar, seperti aspal. Meski demikian, ketahanan gores (scratch-resistance) Gorilla Glass 5 diakui Corning masih setara dengan Gorilla Glass 4.

Seperti apa nantinya ketahanan layar Galaxy Note 7 yang diperkuat Gorilla Glass 5 masih perlu dibuktikan nanti setelah digunakan konsumen selang beberapa waktu. Ini mengingat dua sisi lengkung layarnya (dual edge) yang secara konstruksi mengurangi ketahanan layar saat terbentur di permukaaan yang keras.

Ketangguhan layar Galaxy Note 7 dengan proteksi Gorilla Glass 5 juga masih perlu dibandingkan dengan smartphone berlayar kokoh lainnya (non-Gorilla Glass), yaitu Motorola Moto Z Force dengan teknologi Motorola ShatterShield display.

Seperti diketahui, layar Moto Z Force diklaim Lenovo/Motorola tidak pecah jika terjatuh dari ketinggian 2 hingga 4 meter. (baca juga: ‘Dua Smartphone Premium Lenovo Usung Konsep Modular Moto Mods Inovatif‘).

 

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS