July 3, 2016

Tips Opera bagi Pengguna Smartphone yang Berlibur ke Luar Negeri

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tips Opera bagi Pengguna Smartphone yang Berlibur ke Luar Negeri  

MOBITEKNO – Masa liburan panjang di Hari Raya Idul Fitri 2016 telah tiba. Sebagian ada yang memilih mudik ke kampung halamannya, berlibur ke tempat-tempat wisata di seluruh penjuru Nusantara, atau bahkan ke luar negeri.

Selepas merayakan Hari Raya bersama sanak saudara, beberapa dari Anda mungkin sudah berencana melakukan perjalanan wisata, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Khusus bagi Anda yang berlibur ke luar negeri, biaya roaming (biaya yang dikenakan karena menggunakan jaringan di luar operator selulernya) yang tidak murah tentu bisa menjadi faktor penghambat Anda dalam menikmati liburan.

Siapa pun pasti akan terganggu jika koneksi Internet di smartphone-nya harus tertunda hanya karena masalah biaya roaming di tempatnya berlibur. Padahal di momen berlibur itulah Ia membutuhkan akses Internet untuk ingin mencari lokasi wisata, berbagi keseruan liburan, berkomunikasi dengan teman/keluarga, atau berbagaio aktivitas lainnya.

Agar Anda bisa mengontrol dan mengatisipasi biaya roaming tersebut, berikut ini beberapa cara untuk dapat menghemat pulsa saat Anda berlibur di luar negeri.

Temukan penawaran roaming yang menarik

Sebelum berangkat ke bandara, periksa operator seluler Anda. Pastikan provider tersebut memiliki penawaran paket roaming internasional, yang dapat membantu menghemat pemakaian data.

Ketika sampai pada tempat tujuan, gunakan waktu untuk membaca SMS dari operator seluler dengan seksama. SMS tersebut biasanya berisi rincian biaya untuk panggilan, SMS dan pemakaian paket data selama liburan.

Beralih ke browser yang mengkonsumsi data lebih sedikit saat berselancar

Apabila Anda menggunakan data lebih sedikit, Anda pun akan lebih dapat berhemat uang. Di samping itu, Anda pun dapat berselancar di Internet lebih cepat ketika berada di lokasi dengan sinyal lemah.

Mobile browser Opera Mini bisa menekan penggunaan data pada halaman web hingga 10% dari ukuran aslinya. Fitur penghitung datanya pun dapat menunjukkan banyaknya besar kapasitas data yang bisa dihemat.

Opera Mini juga bekerja lebih optimal jika Anda sedang mengakses hotspot Wi-Fi publik yang lambat dan digunakan banyak orang, seperti hotspot Wi-Fi bandara dan kafe.

Nonaktifkan aktivitas data yang tidak penting

Matikan notifikasi dan data yang berjalan secara otomatis di latar belakang (background). Alternatifnya, aktifkan notifikasi atau koneksi data yang Anda anggap penting saja.

Statistik menunjukkan bahwa data latar belakang (background data) saat aplikasi tidak digunakan dapat memakan data hingga 30 persen. Salah satu aktivitas data yang wajib dikonfigurasi adalah update otomatis aplikasi yang terpasang di smartphone Anda. Sebaiknya pilih opsi update aplikasi hanya melalui koneksi Wi-Fi yang membutuhkan konfirmasi pengguna.

Nonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis

Apabila Anda telah mengatur Dropbox, Facebook, atau Google Drive untuk mengunggah (meng-upload) foto-foto liburan dari smartphone Anda secara otomatis, nonaktifkan fitur sinkronisasi ini di pengaturan (Settings) untuk mengurangi penggunaan (konsumsi) data.

Anda pun dapat menyesuaikan pengaturan di smartphone Anda sehingga foto-foto liburan hanya akan di-unggah (di-upload) jika smartphone terhubung dengan hotspot Wi-Fi.

Kompres data di ponsel Anda!

Cobalah aplikasi yang dapat menghemat penggunaan data seperti Opera Max yang dapat memperkecil penggunaan data, gambar dan video di seluruh aplikasi di ponsel anda.

Opera Max juga memberitahu aplikasi yang mengkonsumsi data latar belakang paling banyak. Hal ini memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi tertentu yang menggunakan data seluler dan membatasinya dengan menggunakan Wi-Fi saja.

Siapkan segala macam hiburan di ponsel Anda!

Koleksi musik dan film di merupakan salah satu ‘teman’ penting Anda saat di perjalanan. Jadi, pastikan koleksi tersebut tersimpan di smartphone Anda. Biasakan juga menyimpan halaman-halaman web yang seringkali Anda kunjungi.

Beberapa browser, seperti Opera atau Opera Mini memiliki fitur ‘Save for Offline’ yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web untuk diakses secara offline di lain waktu. Dengan demikian, Anda pun dapat membuka/mengaksesnya tanpa perlu mengaktifkan roaming atau mencari koneksi Wi-Fi.

Tags: , , , , ,


COMMENTS