July 3, 2016

BMW, Intel, dan Mobileye Ingin Wujudkan Mobil Full Otonom di Tahun 2021

Penulis: Desmal Andi
BMW, Intel, dan Mobileye Ingin Wujudkan Mobil Full Otonom di Tahun 2021  

MOBITEKNO – Ketiga perusahaan besar yang namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia ini bekerjasama untuk satu tujuan, yaitu menyediakan solusi mobil full otonom yang bisa diproduksi untuk masyarakat luas di tahun 2021. Ketiga perusahaan ini sudah sepakat untuk memulai projek ini dengan mengambil BMW iNext Model sebagai dasarnya.

Perusahaan otomotif asal Jerman ini percaya bahwa teknologi otonom yang akan didapatkan dari kerjasama ini akan bekerja sempurna. Akan ada beberapa level yang bisa dirasakan pengemudi dalam pengembangan teknologi otonom ini. Contohnya untuk ‘eyes off level’ (level 3), pengemudi tidak masih diminta untuk meletakkan tangan di setir. Selanjutnya ada lagi ‘mind off level’ (level 4) dimana pengemudi tidak perlu memikirkan apapun untuk mencapai tujuan. Paling akhir adalah ‘driver off level’ (level 5). Di level ini, tidak diperlukan pengemudi untuk mencapai ke sebuah tujuan. Level 5 inilah yang menjadi tujuan akhir pengembangan teknologi full otonom bagi ketiga perusahaan ini.

“Hari ini menandai tonggak penting bagi industri otomotif seperti kita memasuki dunia mobilitas baru,” ujar Amnon Shashua, Co-Founder Mobileye seperti dikutip dari Carscoops. “Bersama BMW Group dan Intel, Mobileye akan meletakkan dasar untuk teknologi mobilitas masa depan yang memungkinkan mengemudi otomatis menjadi sebuah kenyataan di masa depan,” tambah Shashua.

Hal senada juga diungkapkan oleh Brian Krzanich selaku CEO Intel. “Mobil full otonom dan segala sesuatunya yang akan terhubung ke mobil tersebut membutuhkan otak elektronik yang kuat dan dapat diandalkan yang bisa membuat mereka cukup pintar untuk melakukan navigasi dan menghindari kecelakaan,” ungkap Krzanich.

Ketiga perusahaan ini bertemu di kantor pusat BMW di Munich, Jerman pada tanggal 1 juli 2016 untuk menyatakan komitmennya dalam mengembangkan platform mobil otonom untuk tahun 2021. Mereka membahas teknologi otonom level 3 hingga level 5 agar bis menjadi kenyataan di masa depan.

Sumber: Carscoops

Tags: , , ,


COMMENTS