June 3, 2016

Paris Mulai Terapkan Larangan ke Pusat Kota Bagi Mobil di Bawah Tahun Produksi 1997

Penulis: Desmal Andi
Paris Mulai Terapkan Larangan ke Pusat Kota Bagi Mobil di Bawah Tahun Produksi 1997  

MOBITEKNO – Masalah polusi udara ternyata tidak hanya hinggap di kota-kota besar di negara berkembang. Ibukota negara maju seperti Paris pun mengalami masalah polusi udara yang kadarnya sudah cukup mengkhawatirkan. Pemerintahan Prancis sudah menggunakan berbagai cara untuk membatasi kendaraan yang berseliweran di pusat kota Paris. Salah satu yang sudah berjalan adalah melarang mobil bermesin diesel pada Car Free Day.

Namun, tampaknya beberapa usaha untuk membatasi kendaraan masih dirasa kurang. Akhirnya, seteah mengalami perdebatan panjang, mulai 1 Juli 2016, mereka mulai menerapkan kebijakan pelarangan kendaraan yang sedikit lebih keras. Mobil di bawah tahun produksi 1997 atau sepeda motor di bawah tahun produksi 2000 dilarang beredar di pusat kota paris pada hari kerja.

Selanjutnya, pemerintah setempat juga akan memberikan stiker-stiker dengan warna tertentu (dibagii dalam enam kategori) untuk mobil-mobil yang berisiko membuat polusi udara. Dari stiker inilah pemerintah setempat bisa melakukan pembatasan untuk mobil-mobil tersebut.

Pembatasan mobil di negara Prancis memang akan terus dilakukan lebih ketat lagi. Bahkan, mereka sudah memiliki rencana untuk tahun 2020 hanya mobil yang terdaftar setelah tahun 2011 yang diizinkan lewat di jalan raya kota Paris. Bagaimana dengan ibukota kita? Tampaknya Jakarta juga harus mulai memikirkan masalah polusi ini yang kian hari levelnya semakin bertambah.

Tags: , , ,


COMMENTS