May 3, 2016

Cloudera Enterprise 5.7 Hadirkan Performa yang Lebih Baik untuk Seluruh Beban Kerja

Penulis: Desmal Andi
Cloudera Enterprise 5.7 Hadirkan Performa yang Lebih Baik untuk Seluruh Beban Kerja  

MOBITEKNO – Pengelolaan data yang cepat tentunya akan menghasilkan waktu yang lebih efisien. Inilah yang disadari oleh Cloudera dengan merilis versi terbaru Cloudera Enterprise versi 5.7 yang menawarkan performa tiga kali lipat dari versi sebelumnya.

Cloudera Enterprise 5.7 yang dibangun di atas sistem Apache Hadoop ini menambahkan visibilitas ke dalam penggunaan multi-tenant di seluruh beban kerja untuk lebih mengoptimalkan sumber daya yang ada. Tidak heran jika versi ini merupakan batu loncatan bagi Hadoop untuk merangkul platform tersebut di seluruh bidang bisnis.

“Hadoop telah berkembang secara signifikan dalam sepuluh tahun terakhir dan dengan setiap kemajuannya kami melihat potensi untuk aplikasi-aplikasi baru dan kasus penggunaan, selain meningkatkan apa yang sudah dilakukan sebelumnya,” ujar Charles Zedlewski, Vice President Product Cloudera. “Data engineering hanya sebagian dari cerita dalam bisnis saat ini dan dengan rilis 5.7 pelanggan kami dapat lebih baik engaktifkan berbagai pengguna di seluruh platform sambil menjaga performa yang cepat, manajemen yang mudah, dan keamanan yang siap siaga,” tambah Charles.

Saat ini, pengembangan ETL dan pengolahan batch tetap menjadi salah satu kasus penggunaan yang paling umum untuk Hadoop. Di versi 5.7 ini Cloudera juga telah memasukkan Hive on Spark di dalamnya untuk memberikan visibilitas yang lebih baik ke penggunaan multi-tenant.

Beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari Cloudera 5.7 ini diantaranya adalah peningkatan performa dua kali lipat untuk proses analitik BI, jalur yang kini lebih disederhanakan ke proses produksi, dan tata kelola yang lebih dioptimalkan melalui Cloudera Navigator. Untuk mencoba cCLoudera 5.7, pengguna bisa mengakses halaman download di website Cloudera.

Tags: , , , ,


COMMENTS