August 2, 2016

Notifikasi Langsung Tanpa Melalui E-mail Kini Tersedia Bagi Pengguna Android

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Notifikasi Langsung Tanpa Melalui E-mail Kini Tersedia Bagi Pengguna Android  

MOBITEKNO – Google sudah cukup lama menyediakan fasiltias penyampaian informasi (notifikasi) kepada pengguna mobile device Android. Namun, notifikasi tersebut hanya disampaikan melalui e-mail.

Setelah cukup lama menggunakan jalur e-mail untuk notifikasi, misalnya saat akun pengguna dipakai untuk login ke perangkat/device baru, Google akhirnya memutuskan untuk menginformasikan juga pengguna seputar login akunnya secara langsung via notifikasi Android (Android notifications).

Seperti notifikasi e-mail, samrtphone Android akan menginformasikan pengguna akan adanya aktivitas login di device selain yang digunakannya saat ini. Saat pesan notifikasi muncul, pengguna dapat memeriksanya dengan memilih opsi “Review Account Activity”. Di sini, pengguna bisa mengetahui perangkat baru apa yang dilogin dengan akun pengguna, termasuk lokasi aktivitas login dilakukan.

Apabila terjadi aktivitas login yang mencurigakan, pengguna dapat menyesuaikan kembali hak akses akun tersebut (account credentials) pada perangkat yang tidak Anda miliki (asing) tersebut.

Fitur ini akan segera digulirkan ke semua pengguna Android. Menurut Google, setiap penguna akan menjumpai fitur ini setidaknya dalam periode dua minggu ke depan. Notifikasi langsung dari sistem Android dianggap penting bagi Google, terutama bagi pengguna yang jarang memantau e-mail-nya.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS