July 2, 2016

Selama Ramadhan 81% Pengguna Internet Manfaatkan Belanja Online

Penulis: Desmal Andi
Selama Ramadhan 81% Pengguna Internet Manfaatkan Belanja Online  

MOBITEKNO – Berbelanja selama Ramadhan menjadi aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jumlahnya terus meningkat seiring dengan semakin dekatnya dengan hari raya Idul Fitri. Namun, keadaan berbelanja untuk saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun lalu, masyarakat Indonesia terutama pengguna Internet masih banyak yang memanfaatkan toko online, kini makin besar yang memanfaatkan sistem online.

Terbukti, pada tahun 2016 ini, ada 81% pengguna mobile Internet sudah melihat sistem online tidak merepotan sehingga mereka lebih memilih mengunjungi situs belanja online, setidaknya satu kali dalam empat minggu terakhir. Survei ini dilakukan oleh UC Browser, browser dari Alibaba Group.

Traffic ke situs B2C seperti Lazada dan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak meningkat pesat di bulan Ramadhan ini,” ujar Kenny Ye, GM of Global Markets, Alibaba Mobile Business Group. “Ada tiga faktor penting yang mendorong mereka memanfaatkan online, yaitu diskon besar, situs belanja online yang terpercaya, dan sistem pembayaran yang aman,” tambah Kenny Ye.

Dari hasil survei ini, traffic e-commerce selama bulan Ramadhan juga meningkat 53% dibandingkan sebelum Ramadhan. Kemudian, setengah dari 81% yang memanfaatkan online bahkan mengakses website e-commerce lebih dari tiga kali per hari. Untuk waktu belanjanya sendiri, 83% dari online shopper mulai berbelanja sebelum minggu ketiga dan minggu terakhir bulan Ramadhan. Hal ini karena waktu tersebut, banyak e-commerce menggelar program diskon.

Tags: , , , , ,


COMMENTS