July 2, 2016

NBC Manjakan Pengguna Samsung Gear VR untuk Saksikan Tayangan Olimpiade Rio

Penulis: Abdillah
NBC Manjakan Pengguna Samsung Gear VR untuk Saksikan Tayangan Olimpiade Rio  

MOBITEKNO – Cakupan teknologi Virtual Reality (VR) untuk menanyangkan acara olahraga menggunakan video 360 telah berkembang pesat sejak headset VR, seperti Samsung Gear dan Oculus Rift tersedia secara luas pada awal tahun ini. Bahkan, beberapa pekerja di bidang broadcast menyebutkan bahwa teknologi VR akan membawa perubahan besar di industri tontonan.

Kini, momentum baru terkait dengan teknologi VR akan hadir di acara olahraga. Kabarnya, NBC akan menyajikan tayangan Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil ke dalam dunia VR pada bulan Agustus mendatang. Namun, tayangan ini hanya diperuntukkan bagi pengguna Samsung Gear VR.

Ditegaskan oleh Gery Zenkel, President NBC Olympics, Inc bahwa gelaran Olimpiade Rio yang berlangsung mulai tanggal 5 hingga 21 Agustus 2016 akan menjadi showcase untuk sebuah teknologi baru, VR. Tak hanya acara pembukaan dan penutupan, beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan akan tayang dalam bentuk virtual reality.

Secara teknis, video yang ditayangkan akan di capture oleh Olympic Broadcasting Services, sebuah unit dari Komite Olimpiade Internasional yang menyediakan video feed untuk siaran internasional. Untuk menikmati tayangan ini dalam bentuk VR, penonton membutuhkan perangkat Gear VR dan smartphone Samsung yang sudah terinstall aplikasi NBC Sport.

Sebelumnya, pada bulan Mei lalu, NBC juga sukses menyiarkan Kentucky Derby dalam video 360. Tayangan olah raga lainnya yang sudah memanfaatkan teknologi VR adalah beberapa pertandingan basket di NBA dan Tenis US Open yang ditayangkan oleh Fox Sport pada bulan Juni 2016.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS