July 2, 2016

Airbag Bermasalah, Toyota Tarik 482 Ribu Kendaraan Hybrid Miliknya

Penulis: Abdillah
Airbag Bermasalah, Toyota Tarik 482 Ribu Kendaraan Hybrid Miliknya  

MOBITEKNO – Terkait permasalahan airbag yang ada di pilar samping (side-curtain) yang mengembang secara acak dan inflator yang berpotensi dapat memasuki interior kendaraan sehingga bisa mencederai penumpang, Toyota akhirnya menarik kembali (recalling) 482.000 kendaraan hybrid mereka di Amerika Serikat (AS). Beberapa kendaraan hybrid Toyota yang ditarik mencakup model Prius (2010-2012), Prius Plug-in (2010 dan 2012), dan model Lexus CT200h (2011-2012)

Kendaraan-kendaraan ini akan ditarik dari guna dilakukan perbaikan pada side-curtain airbag yang diproduksi oleh pemasok Swedia, Autoliv. Dalam siaran pers Toyota yang dilansir dari Car and Driver menyebutkan bahwa permasalahan tersebut diketahui setelah adanya tujuh kejadian yang tersebar di seluruh dunia. Kejadian airbag yang melibatkan model Prius tersebut terjadi saat mobil diparkir dan dalam keadaan kosong.

Autoliv sebagai pemasok sedang menyelidiki penyebabnya. Namun, saat ini mereka percaya tidak ada mobil lain yang terpengaruh karena masalah ini hanya melibatkan "kendaraan dengan karakteristik khusus". Sebuah keretakan antara dua ruang inflator menjadi masalahnya karena pengelasan yang buruk.

Untuk mengatasinya, mereka akan memasang braket penahan pada ruang inflator untuk mencegah terjadinya pemisahan agar tidak memasuki interior. Tidak diketahui apakah akan ada perangkat keras atau perangkat lunak tambahan dalam perbaikan. Pemberitahuan recall akan diterima pemilik di kemudian hari.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS