June 2, 2016

Co-Founder Pinjam.co.id: Pembayaran Digital Dorong Inklusivitas Keuangan di Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Co-Founder Pinjam.co.id: Pembayaran Digital Dorong Inklusivitas Keuangan di Indonesia  

MOBITEKNO – Pembayaran digital merupakan salah satu sektor dalam industri FinTech yang paling berkembang. Sektor inilah yang kemudian paling diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mendorong peningkatan jumlah masyarakat yang memiliki akses kepada layanan keuangan dan mendorong iklim keuangan inklusif di Indonesia.

Teguh B Ariwibowo, inisiator dari Indonesia FinTech Forum dan pendiri Pinjam.co.id, mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia, mencapai lebih dari 67 juta pengguna pada tahun 2015. Hal ini menjadi modal yang baik bagi pertumbuhan industri sistem pembayaran digital di Indonesia.

"Tren peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat di Indonesia membutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam melakukan transaksi. Hal inilah yang menjadi pemicu dibutuhkannya inovasi di dalam sektor payment," ujar Teguh di sela-sela gelaran Indonesia FinTech Forum Vol. 2 yang diadakan di CGV Blitz Pacific Place, Jakarta (1/6).

Hal senada juga ditegaskan oleh Presiden Direktur Cashlez dan Ketua Kompartemen FinTech AMVESINDO, Teddy Tee. Ia mengatakan bahwa saat ini industri payment di Indonesia dipengaruhi kuat oleh infrastruktur dan teknologi yang ada. Pengguna smartphone yang terus tumbuh di Indonesia juga menjadi peluang industri payment.

"Berdirinya Cashlez sejalan dengan perkembangan teknologi dan infrastruktur di Indonesia, khususnya di bagian Mobile. Cashlez menjawab permintaan merchant dan consumer untuk menghadirkan solusi pembayaran yang mobile, praktis, dan aman. Harapannya, solusi ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh penggunanya," ujar Teddy.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial, Pinjam.co.id menginisiasi diadakannya Indonesia Fintech Forum (IFF). Teguh juga menyebutkan bahwa Indonesia FinTech Forum diadakan untuk mendorong kolaborasi dan co-creation di dalam industri FinTech sekaligus untuk membangun perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

"Dari Pinjam.co.id, kami berkomitmen untuk mendorong kolaborasi di antara para stakeholder dalam industri FinTech. Kami yakin, secara bersama kami mampu menciptakan ekosistem yang sehat untuk dapat lebih memberikan manfaat bagi konsumen dan masyarakat luas,” ujar Teguh.

Pinjam.co.id adalah sebuah perusahaan teknologi di Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan untuk solusi kebutuhan dana cepat. Produk dari Pinjam.co.id adalah layanan digital untuk pembiayaan dengan jaminan dan dana siaga. Keunikan fitur layanan ini cukup beragam, seperti suku bunga yang kompetitif, taksir online 24 jam dan layanan antar jemput barang.

Pinjam.co.id berkomitmen penuh dalam menjaga eksistensi bisnis yang selaras dengan program dan peraturan pemerintah, khususnya Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini diwujudkan melalui peran aktif Pinjam.co.id bersama OJK dalam perumusan dan pengembangan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan industri FinTech.

"Perumusan dan pengembangan kebijakan bersama OJK yang kami lakukan bertujuan untuk memenuhi transparansi informasi sehingga hak pelanggan dan mitra Pinjam.co.id dapat terlindungi. Kami juga berharap Indonesia FinTech Forum dapat memberi manfaat yang nyata dalam mendorong kolaborasi untuk pertumbuhan industri FinTech di Indonesia," tutup Teguh.

 

Tags: , , ,


COMMENTS